UNAIR dan Asia University Tandatangani Kerja Sama Program Gelar Ganda

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Delegasi dari UNAIR dan Asia University berfoto bersama. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga melakukan teken kerjasama untuk program gelar ganda (double degree) dengan Asia University (AU) pada Rabu (19/12). Tandatangan Memorandum of Agreement (MoA) dilakukan oleh masing-masing perwakilan dari kedua belah kampus bertempat di Asia University.

Kerjasama UNAIR dan AU ini sudah diawali dengan penandatangan MoA kerjasama antara 10 peneliti dari masing-masing universitas, pembukaan Center for Indonesian Studies Universitas Airlangga di Asia University maupun Taiwan Education Centre di Unair, yang kemudian berkembang dengan kerjasama Double Degree yang baru saja ditandatangani MOA-nya ini.

Penandatanganan MoA double degree ini merupakan komitmen bersama saat rapat kesepakatan tanggal 10 November 2018 antara Universitas Airlangga dan AU yang dipimpin oleh Wakil Rektor 1, Prof. Djoko Santoso dengan Prof. Chen sebagai wakil dari AU.

Delegasi dari UNAIR yaitu Dian Ekowati Ph.D, sekretaris direktur eksekutif Airlangga Global Engagement; Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si Wakil Dekan I Fakultas Vokasi; Diah Ariani Arimbi, Ph.D, dekan fakultas ilmu budaya; dan Prof. Dr. Sri Iswati, SE., M.Si., Ak, direktur sekolah pascasarjana.

MoA double degree ini melibatkan delapan program studi di UNAIR. Yakni, S2 linguistik, S2 teknobiomedik, S2 ekonomi Islam, D3 bahasa Inggris, D3 kepariwisataan, D3 manajemen perhotelan, D3 manajemen perbankan, dan D3 akuntansi.

Di UNAIR, kedelapan prodi itu melibatkan fakultas ilmu budaya, fakultas vokasi, dan sekolah pascasarjana.

“MoA kali ini khusus double degree. Sehingga nanti ketika lulus mahasiswa akan dapat ijazah dari 2 institusi,” terang Dr. Dian.

Sebelum dilakukan MoA, pada Senin (17/12) keempat delegasi UNAIR memberikan kuliah tamu sesuai bidang ilmu mereka. Dr. Dian memberikan kuliah tamu di department psychology dan business administration, Prof Iswati di department accounting and information systems, Prof Retna di departemen bioinformatics and medical engineering, dan Dr. Diah di departemen foreign language and literature.

The Psychology Dept. at AU Welcomes a UNAIR Scholar and Discusses Dual Degree Programs and MOA

Ketua Departemen Psikologi Asia University Prof. Mein-Woei Suen mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir ada beberapa prioritas kerjasama internasional yang dibangun oleh Asia University. Antara lain dalam hal penelitian, program double degree, pertukaran mahasiswa, dan meluluskan profesor dan doktor.

Sementara itu, menurut Prof. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Direktur Eksekutif AGE, kerjasama dengan AU melalui pengembangan double degree, kerjasama riset serta keberadaan Center for Indonesian Studies UNAIR di AU akan meningkatkan capaian international faculty di lingkungan Universitas Airlangga. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu