Pengaruh Permohonan Tunai dan Permohonan Piutang Terhadap Profitabilitas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi by Kumparan

Fenomena industri perbankan di Indonesia saat ini menghadapi peningkatan 7-Day Reverse Repo (7-DRR). Pada Mei – Juni, Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin. Kenaikan suku bunga acuan berdampak pada bisnis perbankan 7-DRR yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Padahal pertumbuhan ekonomi sangat berpengaruh terhadap permintaan kredit, oleh karena itu jika berbicara tentang pelemahan kredit juga dapat mengakibatkan profitabilitas perbankan berkurang. Profitabilitas adalah kemampuan untuk menghasilkan keuntungan. Sedangkan profitabilitas bank adalah kemampuan bank untuk menghasilkan keuntungan operasional dengan modal sendiri dan modal asing digunakan untuk menghasilkan keuntungan. Bank memiliki profitabilitas yang baik, sehingga kelangsungan hidup bank tersebut terjamin.

Penelitian sebelumnya menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi profitabilitas GROSSE, MA, & SCOTT (2018) salah satunya adalah perputaran kas dan perputaran piutang. Perputaran Uang Tunai adalah segala cuaca baik berupa uang maupun tidak yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Beberapa yang termasuk kas adalah giro di bank, dan kas dalam bentuk perusahaan merupakan aset paling lancar sehingga dalam laporan posisi keuangan ditempatkan pada kelompok paling atas. Sehingga perputaran kas akan berdampak pada tingkat profitabilitas perusahaan (AB RAZAK & PALAHUDDIN, 2014).

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Rakyat Indonesia Inc. yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 sampai dengan 2018. Teknik penentuan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pemilihan sampel didasarkan pada pertimbangan tertentu dengan benar-benar memenuhi kriteria yang ditentukan, data tersedia di website Bank Rakyat Indonesia Inc. berupa laporan keuangan tahun 2016 sampai dengan 2018, sampel penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Rakyat. Indonesia Inc. pada tahun 2016 sampai dengan 2018. Data penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan Bank Rakyat Indonesia Inc. Semua sumber data diperoleh dari website Bank Rakyat Indonesia Inc. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan penerapan program SPSS, untuk mengetahui hubungan sebab akibat dan bebas nilai.

Rasio perputaran kas Bank Rakyat Indonesia Inc. memiliki nilai 0,037> 0,005 yang artinya rasio Perputaran Kas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap rasio profitabilitas Bank Rakyat Indonesia Inc. yang artinya semakin besar rasio kas. Perputaran piutang tidak dapat mempengaruhi Profitabiltas Bank Rakyat Indonesia Inc. Sedangkan Rasio Perputaran Piutang Bank Rakyat Indonesia Inc. memiliki nilai signifikansi 0,000 <0005, sehingga Rasio Perputaran Piutang berpengaruh positif signifikan terhadap Rasio Profitabilitas Bank Rakyat Indonesia. Inc. yang artinya semakin besar rasio perputaran piutang dapat mempengaruhi Profitabilitas Bank Rakyat Indonesia Inc.

Hasil uji F sebesar 80,370 dengan tingkat signifikansi 0,000 <0,05, bahwa Rasio Perputaran Kas dan Rasio Perputaran Piutang berpengaruh positif terhadap Rasio Profitabilitas Bank Rakyat Indonesia Inc. Sedangkan nilai R-squared sebesar 0,830 menunjukkan bahwa rasio Tingkat Profitabilitas Bank Indonesia 87%. dapat dipengaruhi oleh rasio Perputaran dan Rasio Perputaran Piutang dan sisanya 13% dijelaskan oleh Analisis Rasio Keuangan Bank Rakyat Indonesia Inc. yang lain-lain tidak digunakan dalam penelitian ini.

Penulis: Prof. Dian Agustia, S.E., M.Si.,Ak., CMA., CA

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

Rusdiyanto, R.; Agustia, D.; Soetedjo, S.; Septiarini, D.F.; Susetyorini, S.; Elan, U.; Syafii, M.; Ulum, B.; Suparman, P.; Rahayu, D.I.; kusumaningrum, D. Effects of Sales, Receivables Turnover, and Cash Flow on Liquidity. Preprints 2019, 2019110175 (doi: 10.20944/preprints201911.0175.v1).  

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp