Manajemen Fraktur Tulang Inter Trochanter

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh RSA UGM

Fraktur tulang sering terjadi pada pasien trauma. Fraktur tulang bisa terbuka atau tertutup. Meski tertutup, patah tulang tetap harus ditangani sesegera mungkin karena patah tulang tertutup di beberapa tempat bisa menyebabkan perdarahan terselubung parah yang mengancam nyawa pasien. Pada orang dewasa, patah tulang dapat terjadi di banyak tempat, salah satunya yang harus diperhatikan adalah pinggul (intertrochanter fr. Femur, fr. Femoral neck, disloc and fr. Of hip), panggul (fr. Pelvis). Jika rotasi internal Panggul penuh melebar, tapi punggung tertekuk. Ini mungkin merupakan tanda patologis dari kaput femoralis anterosuperior, kemungkinan nekrosis avaskular. Namun, pada orang muda, nyeri pada rotasi internal dengan fleksi pinggul bisa menjadi tanda robeknya labrum asetabular.

Nyeri pada sendi panggul dirasakan di selangkangan, turun ke depan ke arah paha, dan ada pula yang sampai ke lutut, kadang nyeri lutut merupakan satu-satunya gejala. Nyeri punggung panggul jarang berasal dari persendian, seringkali nyeri berasal dari tulang belakang lumbal. Gangguan berjalan (asimetri) merupakan gejala berikutnya yang sering terjadi. Ini dapat terjadi karena mekanisme kompensasi nyeri atau dari perubahan panjang kaki, kelemahan otot penculik pinggul, ketidakstabilan sendi dan adanya patah tulang. Pasien mungkin mengeluhkan adanya gangguan dalam berjalan jarak jauh, dan beberapa pasien mulai menggunakan alat bantu untuk berjalan.

Patah tulang antar trokanter adalah salah satu dari 3 jenis patah tulang pinggul. Situs fraktur ini berada di proksimal tulang paha. Area proksimal femur terdiri dari kepala femur, leher femur dan regio antar trokanter. Biasanya fraktur intertrochanter terjadi antara trokanter mayor di mana otot gluteus medius dan minimus (ekstensor pinggul dan penculik) melekat dengan trokanter minor tempat ilipsoas (fleksor pinggul) terpasang. Tujuan artikel ini adalah untuk meninjau manajemen fraktur antar trokanter.

Fraktur antar trokanter pada femur juga menyebabkan ½ patah tulang pinggul yang disebabkan oleh mekanisme energi rendah seperti jatuh dari posisi berdiri. Patah tulang ini sering terjadi pada orang yang memiliki faktor risiko, antara lain: semakin tua, wanita, terdapat osteoporosis, riwayat jatuh, dan kelainan dalam berjalan. Pembedahan adalah terapi yang direkomendasikan karena angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi pada pasien yang tidak dioperasi. Biasanya ada juga penyakit penyerta yang menyertai, sehingga mempengaruhi hasil terapi.

Area antar trokanter femur berada di distal leher femur dan proksimal batang femoralis. Daerah ini adalah tempat dua trokanter tulang paha berada. Trochanters mayor dan minor. Ada arteri dan saraf femoralis di anterior dan saraf skiatik di posterior. Mayoritas tulang di area ini bersifat kanselus, ekstrakapsular, dan memiliki vaskularisasi tinggi yang memungkinkan terciptanya lingkungan penyembuhan yang kuat. Kapur femoralis adalah komponen padat dari tulang posteromedial yang mendukung transfer tekanan dari leher ke poros femoralis.6 Stabilitas fraktur antar trokanter bergantung pada jumlah kontak antara fragmen mayor proksimal dan distal. Patah tulang yang terdiri dari 2 bagian sangat stabil karena ketika dua bagian berkurang, keduanya saling menempel sehingga stabil untuk implan.

Terapi untuk pasien dengan patah tulang antar trokanter bermacam-macam. ORIF (Reduksi terbuka dan fiksasi internal) diindikasikan pada semua fraktur antar trokanter, kecuali pada pasien dengan kondisi medis dimana anestesi, umum dan spinal, merupakan kontraindikasi. Artroplasti pinggul total memiliki peran terbatas dan biasanya dilakukan pada pasien yang juga menderita artritis sendi pinggul. Fiksasi eksternal juga jarang diindikasikan tetapi sangat berguna sebagai prosedur singkat pada pasien yang tidak dapat menjalani anestesi umum atau spinal dan hanya dapat mentolerir teknik lokal. Osteotomi displacement medial dan reduksi valgus tidak lagi dilakukan, karena deformitas parah yang dihasilkan dan pemahaman yang lebih baik tentang fiksasi fraktur. Pembedahan dikontraindikasikan bila pasien memiliki kelainan darah yang tidak terkontrol atau tidak terkoreksi atau kelainan metabolisme lain yang tidak dapat diperbaiki dengan kemungkinan kematian. Pembedahan juga dikontraindikasikan jika pasien memiliki fraktur intertrochanter yang stabil dan tidak bergeser, yang dapat diobati secara konservatif, dan menolak pembedahan karena alasan pribadi.

Manajemen pengobatan komorbiditas atau trauma potensial lainnya, program terapi 4 tahap direkomendasikan untuk merawat pasien dengan patah tulang intertrochanter. Pada tahap 1, identifikasi fraktur dilakukan berdasarkan riwayat dan temuan dari pemeriksaan fisik dan radiologi. Pasien dengan fraktur gaya rendah sering datang dengan riwayat tergelincir, jatuh, atau tungkai bawah terpelintir diikuti dengan nyeri hebat di daerah panggul yang terkena. Trauma gaya tinggi dapat terjadi akibat kecelakaan lalu lintas, jatuh lebih dari 3 m, atau trauma signifikan lainnya. Pasien tidak akan bisa berdiri atau menggerakkan tubuhnya atau anggota tubuh yang terkena tanpa rasa sakit. Pemeriksaan fisik lokal mungkin menunjukkan rotasi eksternal pada posisi ekstensi pinggul dari ekstremitas yang terkena, dan pasien merasakan nyeri baik dengan gerakan aktif atau pasif dari sendi pinggul atau ekstremitas yang terkena.

Pasien dengan patah tulang intertrochanter dapat menjalani operasi setelah evaluasi medis atau trauma telah dilakukan dan kondisi medis telah stabil. Pembedahan dikontraindikasikan bila pasien memiliki kelainan darah yang tidak terkontrol atau tidak terkoreksi atau kelainan metabolisme lain yang tidak dapat diperbaiki dengan kemungkinan kematian.

Penulis: Nanda Rachmad Putra Gofur drg,.M.Biomed

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://biomedres.us/pdfs/BJSTR.MS.ID.005606.pdf

Nanda Rachmad Putra Gofur, Aisyah Rachmadani Putri Gofur, Soesilaningtyas, Rizki Nur Rachman Putra Gofur, Mega Kahdina and Hernalia Martadila Putri (2021) Inter Trochanter Fracture Management : A Review Article. Biomed J Sci & Tech Res 34(5)-2021. BJSTR. MS.ID.005606.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp