Alumni IKR UNAIR Luncurkan Buku Kesehatan Reproduksi Perempuan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Buku ‘Kesehatan Reproduksi dan Tumbuh Kembang Janin Sampai Lansia pada Perempuan’. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Lima alumni Magister Ilmu Kesehatan Reproduksi (IKR) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) menerbitkan buku berjudul ‘Kesehatan Reproduksi dan Tumbuh Kembang Janin sampai Lansia pada Perempuan’.

Mereka adalah Rima Wirenviona, Anak Agung Istri Dalem Cinthya Riris, Nurul Fatimah Susanti, Nurul Jannatul Wahidah dan Abadiyah Zakiah. Kelimanya adalah teman satu kelas dan mahasiswa Magister IKR angkatan 2018.

Menariknya buku ini ditulis bersama Koordinator Prodi S2 IKR FK UNAIR dr Hermanto Tri Joewono, SPOG (K). dr Hos, sapaan akrabnya, sangat mendukung buku ini dengan terlibat langsung sebagai penulis demi meluncurkan buku yang membahas kesehatan reproduksi dan pemberdayaan perempuan ini.

“Buku ini menggambarkan betapa pentingnya kesehatan reproduksi perempuan sebagai pencetak generasi penerus yang berkualitas dan memajukan negara. Saya sangat bangga bisa terlibat sebagai penulis dalam buku ini. Sebuah karya yang berkomitmen tinggi mencerdaskan kehidupan bangsa,” terangnya.

Nurul Fatimah mengungkapkan bahwa awal ide penulisan buku tersebut dipicu oleh keinginan bersama untuk membuat sebuah karya yang bisa menjadi referensi dan kenang-kenangan menuntut ilmu selama studi.

Rima pun sebagai penulis utama juga menceritakan bagaimana buku tersebut ditulis selama masa pandemi melalui proses review berulang oleh sesama tim penulis. “Makanya buku ini akan sangat cocok dijadikan referensi bagi mahasiswa kesehatan khususnya kebidanan dan kedokteran,” ungkap Rima.

Buku tersebut memuat berbagai informasi penting seperti konsep tahap pertumbuhan dan perkembangan janin, bayi, remaja, dewasa, hingga lansia pada perempuan. Dihadirkan dengan materi yang mudah dipahami, buku ini ditujukan untuk mengedukasi dan mencegah berbagai penyakit reproduksi akibat minimnya pengetahuan masyarakat.

Penulis lain, Riris, mengungkapkan bahwa proses pembuatan buku tersebut tidaklah mudah. Mereka membutuhkan waktu panjang untuk merangkum berbagai referensi dan ilmu terkait kesehatan reproduksi perempuan. “Syukurlah buku ini dapat diselesaikan dengan kerja sama tim yang kompak dan dukungan dari Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan UNAIR,” imbuhnya.

Buku yang diterbitkan oleh Airlangga University Press itu sendiri hadir sebagai kontribusi terhadap ilmu yang didapatkan selama pendidikan kelima penulis. Isinya pun merangkum berbagai informasi dan ilmu pengetahuan terbaru terkait kesehatan reproduksi perempuan sejak janin hingga masa menopause.

Tidak hanya digunakan oleh mahasiswa kesehatan, buku karya alumni IKR FK UNAIR ini juga dapat diakses oleh masyarakat umum masyarakat umum demi meningkatkan pengetahuan yang terpercaya akan kesehatan. Mereka yang berminat bisa mengontak langsung penulis untuk pemesanan buku atau bisa memiliki ebook-nya secara online. (*)

Penulis: Intang Arifia dan Rima

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp