Sekolah Kepenulisan Jadi Upaya Tingkatkan Minat Ilmiah Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Pada awal semester, Himpunan Mahasiswa D-III Administrasi Perkantoran mengadakan sebuah acara yang bernama Sekolah Kepenulisan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan minat mahasiswa untuk mengeksplorasi diri di bidang kepenulisan ilmiah. Kegiatan ini dilaksankan secara daring melalui media Zoom selama empat hari dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa D-III Administrasi Perkantoran angkatan 2020.

“Kegiatan Sekolah Kepenulisan ini bertujuan untuk meingkatkan minat sehingga mahasiswa dapat berprestasi di bidang kepenulisan, khususnya esai dan business plan. Semoga teman-teman termotivasi untuk mulai berkarya dan mengambangkan potensi yang ada dalam diri kita,” ujar Dinda Sumarti selaku ketua pelaksana.

Acara tersebut turut dihadiri Prof. Dr Anwar Ma’ruf, drh., M. Kes selaku Dekan Fakultas Vokasi dan Dr. Tika Widiatuti, SE., M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas Vokasi. Keduanya hadir untuk memberikan semangat dan memberi sambutan.

Acara tersebut membahas dua bidang kepenulisan, di antaranya business plan dan esai. Pada Sabtu (13/3/2021) materi esai disampaikan oleh mahasiswa Fisika UGM Izzulhaq Al-Ma’ruf. “Dalam menemukan ide esai kita dituntut tidak hanya untuk kreatif namun juga peka terhadap lingkungan sekitar,” ucap Izzul.

Hari kedua acara Sekolah Kepenulisan yaitu pada Sabtu (20/3/2021) materi seputar kepenulisan business plan disampaikan oleh Raden Khoirunnisa Thifai Nabila, SM, Dipl.CIDESCO yang merupakan peraih Juara II KMI Expo XI Tahun 2020. Pada acara itu disampaikan pula tentang tugas praktik kepenulisan yang harus dikejakan oleh mahasiswa.

Di hari ketiga pada Kamis (25/3/2021), karya-karya yang telah dibuat oleh mahasiswa dipresentasikan untuk diulas dan dikomentari oleh para pemateri. Sehingga, mahasiswa mendapatkan feedback atas karya yang dihasilkan.

Di hari keempat atau hari terakhri pada Sabtu (3/4/2021) dilaksanakna kegiatan penutup berupa games dan awarding terhadap karya-karya terbaik.

Usai acara, diharapkan para peserta termotivasi untuk mengembangkan minat dan berprestasi di bidang kepenulisan ilmiah, sehingga dapat mengumpulkan pundi-pundi prestasi untuk prodi. (*)

Penulis : Devi Vita

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp