Perbedaan CO2 Arteri-Vena dengan Rasio Perbedaan Kandungan O2 Arteri-Vena Sebagai Penanda Resusitasi pada Syok Septik Pediatrik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Sepsis masih menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada anak. Sebanyak 67% dari 6.925 anak dalam studi global cross-sectional di lima benua oleh SPROUT mengalami disfungsi multi organ saat didiagnosis sejak dini. Semua disfungsi menyebabkan hipoksia regional dan bahkan seluler di jaringan global. Hal ini yang menyebabkan morbiditas dan mortalitas tinggi. Pedoman terkini untuk manajemen hemodinamik dari sepsis berat dan syok septik merekomendasikan penggunaan penanda hipoksia jaringan global sebagai target akhir resusitasi. Selama periode resusitasi awal, saturasi oksigen vena sentral (ScvO2) atau laktat atau kombinasi keduanya telah banyak digunakan. Namun kedua variabel ini memiliki keterbatasan, penggunaan ScvO2 tampaknya memberikan informasi real-time yang lebih baik daripada laktat tetapi tidak ada keuntungan konsisten yang ditemukan untuk resusitasi berbasis laktat dibandingkan resusitasi yang dipandu oleh parameter oksigen. Baru-baru ini, perbedaan tekanan parsial karbon dioksida arteri vena sentral (Pv-aCO2) direkomendasikan sebagai alat pelengkap untuk mengidentifikasi pasien dengan hipoperfusi global yang persisten. Faktanya, Pv-aCO2 yang tinggi memprediksi hasil klinis secara independen dari arameter berbasis oksigen dan dapat memprediksi variasi laktat.

Penelitian ini membahas pertanyaan apakah rasio Pv-aCO2 / Ca-vO2 berguna dalam memprediksi kematian dini dibandingkan dengan penanda hipoksia lain seperti ScvO2, laktat, DO2, VO2 untuk pasien septik pediatrik. Penelitian ini mengevaluasi setiap pasien anak yang dirawat di Ruang Resusitasi RSUP Dr. Soetomo dari bulan Februari hingga April 2019. Sebanyak 12 hingga 15 pasien anak dirawat di Ruang Resusitasi setiap bulan selama penelitian berlangsung. Ruang Resusitasi hanya menerima pasien kode biru menurut kriteria triase Kanada. Pasien anak yang direkrut ke dalam protokol resusitasi adalah pasien anak yang berusia 2 bulan – 12 tahun dan suspect sepsis yang dikonfirmasi dengan 3 dari 8 tanda sepsis (denyut jantung, tekanan darah sistolik, frekuensi pernapasan, suhu, denyut nadi, waktu pengisian kapiler, perfusi, kesadaran) menurut pedoman ACCCM-PALS.

Dari 24 pasien yang dirawat dalam penelitian ini, 17 pasien bertahan dalam waktu 48 jam setelah dimulainya resusitasi yang kemudian disebut sebagai kelompok survivor. Sedangkan 7 pasien lainnya tidak bertahan yang kemudian disebut sebagai kelompok non survivor. Variabel usia dan diagnosis dianalisis lebih lanjut menggunakan regresi multivariat. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam variasi diagnosis awal dari empat sistem organ dan prosedur yang dilakukan antara kedua kelompok. Kondisi klinis awal termasuk detak jantung, tekanan darah sistolik, dan tekanan rata-rata arteri tidak berbeda antara kedua kelompok. Penilaian variabel sepsis yang diharapkan juga tidak berbeda antara kedua kelompok. Begitu pula jumlah cairan yang diberikan selama satu jam pertama tidak berbeda, yaitu antara 20-30 ml/kg. Untuk faktor prognostik awal, skor PELOD (Pediatric Logistic Organ Dysfunction) menunjukkan 2-4 kegagalan organ pada kedua kelompok.

Hasil laboratorium mengenai Hb, pH, dan [H +] secara statistik menunjukkan adanya korelasi. Perbedaan bersihan laktat> 10% tidak berkorelasi dengan hasil kelangsungan hidup dalam waktu 48 jam. Untuk tujuh penanda oksigenasi, Pv-aCO2 dan rasio Pv-aCO2 / Ca-vO2 menunjukkan adanya korelasi antara kedua kelompok. Nilai PvaCO2 / Ca-vO2 pada kelompok survivor (1,24 ± 0,88 mmHg.dl/ml O2) lebih rendah dibandingkan dengan kelompok non-survivor (2,16 ± 0,91 mmHg.dl / ml O2). Hasil uji univariat berdasarkan survival 48 jam didapatkan 7 variabel yang berkorelasi yaitu umur, infeksi abdomen, Hb, pH, [H +], Pv-aCO2, dan Pv-aCO2 / Ca-vO2. Hasil analisis multivariat menunjukkan hanya nilai Pv-aCO2 / Ca-vO2 yang signifikan dalam memprediksi outcome 48 jam dengan RR 2.95 (95% CI 1.016-8.565), yang berarti pasien dengan rasio Pv-aCO2 / Ca-vO2 lebih tinggi yang 2,95 kali lebih mungkin meninggal dalam waktu 48 jam dibandingkan dengan rasio Pv-aCO2 / Ca-vO2 yang lebih rendah, dengan deviasi terendah 1,016 kali dan deviasi tertinggi 8,565 kali. Untuk menentukan nilai cutoff rasio Pv-aCO2 / Ca-vO2 digunakan kurva receiver operator karakteristik (ROC). Nilai batas dihitung untuk menentukan sensitivitas dan spesifisitas terbaik untuk memprediksi kematian 48 jam.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini tidak menemukan perbedaan antara pengiriman oksigen, konsumsi oksigen, rasio ekstraksi oksigen, pembersihan laktat, dan saturasi oksigen vena sentral pada resusitasi 3 jam pertama dengan mortalitas 48 jam. Meskipun menggambarkan hipoksia global dengan caranya sendiri, penelitian ini menunjukkan rasio perbedaan CO2 arteri-vena dengan perbedaan kandungan O2 arteri-vena, yang menggambarkan kecerdasan pernapasan seluler merupakan yang terbaik untuk mewakili hipoksia global yang menyebabkan kematian dini pada pasien syok septik. . Nilai cutoff rasio Pv-aCO2 / Ca-vO2 1,54 memiliki sensitivitas dan spesifisitas tertinggi untuk mewakili hipoksia global pada pediatrik dengan sepsis.

Penulis: Dr. Arie Utariani, dr., SpAn., KAP

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://criticalcareshock.org/2020/04/venous-arterial-co2-difference-to-arterial-venous-o2-content-difference-ratio-as-marker-of-resuscitation-in-pediatric-septic-shock/

Kowara, Y., Utariani, A., Semedi, B. P. & Rejeki, P. S. Venous-arterial CO2 difference to arterial-venous O2 content difference ratio as marker of resuscitation in pediatric septic shock. Crit. Care Shock 23, 95–104 (2020).

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).