Teliti Ekstrak Gardenia, Dua Mahasiswa FKG Raih Juara II Research MDS Pro

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh dua mahasiswa Fakultas Kedoteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR). Mereka adalah Kadek Gede Putra Wibawa dan Fianza Rezkita. Keduanya berhasil meraih juara II pada lomba karya tulis ilmiah nasional bertajuk Moestopo Dentistry Scientific Program (MDS-Pro). MDS-Pro dilaksanakan pada 22–23 Maret 2019 di Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta.

Tim yang didampingi oleh Dr. Retno Pudji Rahayu, drg., M.Kes., sebagai pembimbing tersebut melakukan penelitian tentang ekspresi TNF- α pasca pemberian ekstrak Gardenia Jasminoides pada proses penyembuhan luka pasca ekstraksi. Dalam penelitian itu, ditemukan bahwa gel Gardenia Jasminoides dapat menurunkan respons infalamasi pada penyembuhan luka dengan cara menurunkan jumlah TNF- α.

”Dosen pengampu kami dari Departemen Patologi Mulut dan Maxillofacial, jadi research-nya mengenai ekstrak tanaman,” sebut Fianza.

Tak hanya didampingi dosen, Fianza mengakui bahwa penelitian yang dilakukan timnya juga dibantu oleh salah seoranf mahasiswa senior di FKG. Yakni, Radithya Ardhi Sradhana.

Sementara itu, Kadek menambahkan bahwa timnya mengikuti dua kategori lomba sekaligus pada MDS-Pro. Yaitu kategori research dan kategori literature review.

”Pada lomba kali ini, kami mengajukan dua karya pada dua kategori lomba yang berbeda. Keduanya berhasil lolos ke babak final dan hanya satu yang mendapat juara,”  tutur Kadek.

Kadek dan Fianza berhasil melaju hingga babak final MDS-Pro setelah lolos seleksi abstrak dan masuk sebagai sepuluh tim terbaik. Kesepuluh tim yang lolos kemudian mengirimkan full paper dan melakukan presentasi di hadapan dewan juri.

Di babak final, Kadek dan Fianza harus menyisihkan tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jember, Universitas Hasanuddin, Universitas Sriwijaya, Universitas Andalas, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Prof. Dr. Moestopo selaku tuan rumah.

Pada final MDS-Pro, FKG UNAIR mengirimkan delegasi sebanyak empat tim. Yang terdiri dari tiga tim literature review dan satu tim research yang digawangi oleh Kadek dan Fianza. (*)

 

Penulis: Zanna Afia Deswari

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).