Berbagai Ide Cemerlang Dipresentasikan Kadep dan KPS pada Aksi Kerja 2022

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pemaparan rencana aksi kerja 2022 oleh perwakilan kelompok masing-masing jenjang program D3, S1 dan Profesi, S2 dan S3, dan Spesialis. (Foto: Agus Irwanto)

UNAIR NEWS –  Lakukan evaluasi dan merancang aksi kerja, Kepala Departemen dan Koordinator Program Studi di lingkungan Universitas Airlangga memberikan gagasannya untuk kemajuan departemen dan program studi yang mereka pimpin. Ide cemerlang itu disampaikan saat rapat pleno pada, Selasa (25/1/2022) di Ballroom Marriott Hotel Yogyakarta.  

Dalam pemaparannya, rapat pleno Kadep dan KPS dipimpin langsung oleh Sekretaris Universitas Dr. Koko Srimulyo, Drs., M.Si. Pemaparan itu dibagi menjadi 4 kelompok yaitu Vokasi, Sarjana dan Profesi , S2/S3 dan Spesialis.

Dalam penyampaian ide rencana aksi tahun 2022 Bayu Arie Fianto, SE., MBA., Ph.D Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mewakili kelompok sarjana dan profesi menekankan pada empat fokus utama yaitu relevansi lulusan, optimalisasi program MBKM, peningkatan daya tarik prodi dan mahasiswa internasional, dan meningkatkan lulusan tepat waktu. 

Selain itu, perwakilan kelompok jenjang S2/S3 diwakili oleh Prof. Dr. Djoko Agus Purwanto, Apt., M.Si Fakultas Farmasi yang berfokus pada empat topik. Pertama, daya tampung, lulusan, dan alumni. Kedua, penelitian, publikasi, dan sitasi khususnya pada jurnal top tier. Ketiga, internasionalisasi yang meliputi kerja sama, exchange, mobility, dan mahasiswa asing). Terakhir, akreditasi internasional. 

Prof Djoko Berharap, setiap KPS harus mengetahui mahasiswanya dengan membuat dashboard progres pada setiap mahasiswa. 

Pada kesempatan yang sama, Yanuar Nugroho, S.E., M.Sc., Ak., CA selaku perwakilan kelompok Vokasi berfokus pada beberapa program. Yaitu, meningkatkan tracer study, meningkatkan jumlah lulusan yang berwirausaha, meningkatkan lulusan yang studi lanjut (selain jenjang profesi) yang berfokus pada program D3, dan meningkatkan jumlah lulusan dengan gaji minimal setara UMR serta meningkat

Sementara itu, perwakilan dari jenjang spesialis Arief Bakhtiar, dr., Sp.P (K) dari Fakultas Kedokteran mengatakan akan fokus pada empat hal yaitu meningkatkan jumlah pendaftar untuk memenuhi daya tampung,  meningkatkan lulusan tepat waktu, mendorong publikasi jurnal di top tier journal, dan mendorong mahasiswa untuk publikasi di jurnal internasional. 

Usai penyampaian ide, berlangsung pula diskusi interaktif antar peserta dalam menanggapi setiap rencana aksi yang akan dilakukan pada tahun 2022 pada setiap jenjang pembelajaran yang ada di fakultas. Selain itu, Rektor juga memberikan apresiasi pada departemen dan prodi dengan capaian terbaik serta peserta teraktif selama rapat kerja dan FGD berlangsung. 

Di akhir, Dr. Koko mengibaratkan bahwa rencana aksi kali ini ibarat kata-kata WS Rendra yaitu “Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata”. Dimana rencana aksi yang sudah digagas oleh masing-masing Kadep dan KPS adalah perjuangan yang diimplementasikan dari usulan-usulan yang dirapatkan pada siang hari itu. 

Penulis: Khefti Al Mawalia . 

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp