SIKIA UNAIR Banyuwangi Gelar Pelepasan Mahasiswa PKL FKM Angkatan 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pelepasan mahasiswa PKL FKM UNAIR Banyuwangi oleh Prof. Dr. dr. Soetojo, SpU (K) selaku Direktur dari SIKIA UNAIR Banyuwangi. Foto: SS Zoom.

UNAIR NEWS – Sabtu, (22/01/2022) Prodi Kesehatan Masyarakat SIKIA UNAIR Banyuwangi gelar acara pelepasan mahasiswa PKL dari angkatan 2019 melalui Zoom Meeting. Pelepasan dilakukan oleh Prof. Dr. dr. Soetojo, SpU (K) selaku Direktur dari Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam UNAIR Banyuwangi.

“Tentunya semua mahasiswa ini sudah mendapatkan materi di saat kuliah, tapi bagaimana mengimplementasikannya di masyarakat itu juga penting agar ilmu yang mereka terima lebih maksimal. Oleh karena itu, PKL ini penting karena ada beberapa hal di masyarakat yang tidak dapat ditemui di perkuliahan,” ungkap Prof. Dr. dr. Soetojo, SpU (K).

Prof. Soetojo menekankan bahwa selama PKL mahasiswa diharapkan dapat menjaga nama baik UNAIR. Tetap bersikap sopan dan menerapkan motto UNAIR Excellent with Morality. Karena dalam kegiatan PKL tersebut mahasiswa diharapkan dapat menjadi contoh di masyarakat sekitarnya. Sehingga dapat mewujudkan salah satu tujuan kegiatan PKL tersebut yakni untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) yang ketiga yaitu “Good Health and Wellbeing”.

“Disamping itu tentunya, masyarakat awam masih banyak yang belum memahami tentang kesehatan dengan benar. Jadi tugas kalian sebagai mahasiswa kesehatan yakni untuk menyampaikan hal-hal terkait kesehatan tersebut. Untuk mahasiswa juga harus aktif mengikuti kegiatan-kegiatan di desa, misalnya ikut aktif dalam kegiatan di posyandu,” imbuhnya.

Acara PKL tersebut melepas sebanyak 47 mahasiswa FKM UNAIR Banyuwangi ditambah 1 mahasiswa FKM dari Surabaya yang dibagi ke dalam 4 kelompok. FKM UNAIR Banyuwangi bekerja sama dengan 2 puskesmas di Banyuwangi, yakni Puskesmas Sobo dan Puskesmas Kertosari. Keempat kelompok tersebut disebar di 4 kelurahan yakni Kelurahan Pakis dan Kelurahan Sobo yang merupakan bagian dari wilayah kerja Puskesmas Sobo serta Kelurahan Karangrejo dan Kelurahan Kertosari yang merupakan bagian wilayah kerja dari Puskesmas Kertosari.

“Sebelum pandemi pelaksanaan PKL ada di daerah Kecamatan Licin, namun saat pandemi kami mengarahkan mahasiswa untuk melakukan PKL di tempat yang dekat dengan kampus UNAIR di Sobo yakni kelurahan Pakis dan Kelurahan Sobo. Kali ini kami mencoba melebarkan wilayah PKL kami, dengan harapan dapat memberikan suatu kontribusi dalam implementasi ilmu pengetahuan kesmas di masyarakat sekitar,” ungkap Mohammad Zainal Fatah Drs., MS., M.Kes. dalam sambutannya selaku Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat SIKIA UNAIR Banyuwangi.

Penulis: Tyas Ratna Manggali

Editor: Feri Fenoria

Caption Foto: Pelepasan mahasiswa PKL FKM UNAIR Banyuwangi oleh Prof. Dr. dr. Soetojo, SpU (K) selaku Direktur dari SIKIA UNAIR Banyuwangi. Foto: SS Zoom.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp