Dukung Kemajuan Publikasi, Perpustakaan UNAIR Buka Library Class

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa yg mengikuti library class. (foto diambil sebelum pandemi)

UNAIR NEWS – Dalam rangka mendukung kemajuan penelitian dan publikasi ilmiah Perpustakaan Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan pelatihan bertajuk “Library Class” untuk seluruh sivitas akademika UNAIR. Program yang rutin diselenggarakan itu terdiri dari banyak kelas, salah satunya Online Research Management (ORM).

Suhernik, S.Sos., M.Si atau yang akrab disapa Hernik selaku Kepala Perpustakaan UNAIR menyampaikan, dalam ORM sivitas akademika dapat belajar mendapatkan jurnal pada database e-journal dengan tepat, cepat, dan mudah. Selain itu, sivitas akademika, khususnya mahasiswa S1 dapat mempelajari cara mempublikasikan jurnal ilmiah ke macam-macam penerbit jurnal. 

“Lalu, ada kelas literature review yang akan mempermudah mahasiswa untuk melakukan review artikel. Pada kelas ini akan kami memperkenalkan tools yang akan membantu mahasiswa dalam melakukan review artikel. Selain itu juga ada journal clinic. Dalam program ini kami memberikan konsultasi terkait dengan penulisan jurnal klinik,” tutur Hernik pada Jumat (14/01/2022).

Ia menambahkan, pihak Perpustakaan UNAIR sangat mengharapkan para peserta journal clinic dapat berkonsultasi secara langsung dengan para tim. Hernik juga menyampaikan, Library Class juga membuka kelas Anti Plagiasi untuk menghindari plagiasi dan memperkenalkan tips paraphrase pada sivitas akademika. Tidak hanya itu, untuk memudahkan pembuatan sitasi, Perpustakaan UNAIR juga membuka kelas Reference Manager dengan menggunakan aplikasi Mendeley.

“Kami juga membuka kelas Optimizing Ms Word, sehingga penggunaan Microsoft Word akan lebih efisien ketika mengerjakan jurnal maupun skripsi. Selain itu, kami juga mengadakan Canva Online Media Presentation yang akan mempelajari pembuatan desain kreatif dan presentasi menarik secara daring,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Perpustakaan UNAIR pada tahun 2022 akan membuka dua kelas baru yaitu, penggunaan Excel dan Webblog. Hernik menyampaikan, seluruh kelas tersebut dapat diikuti tanpa pungutan biaya secara daring maupun luring. Namun, kelas luring pada masa pandemi ini harus menyesuaikan keadaan. 

“Untuk jadwal kelas sendiri kita membuka dua sistem. Pertama, mengikuti jadwal yang telah kami sediakan di website maupun sosial media kami “unairlibrary” dan yang kedua mendaftar sesuai permintaan para peserta. Pendaftaraan dapat melalui website kami yang nantinya akan dihubungkan ke AILIS atau menghubungi WA Staf Bagian Latbang yang tertera pada website,” tutur Hernik.

Ia menjelaskan, kelas sesuai permintaan harus diikuti minimal 5 orang peserta. Sivitas akademika bebas memilih waktu pada hari Senin-Jumat pukul 09.00 – 14.00 WIB. Perpustakaan UNAIR akan selalu menerima permintaan kelas, kecuali pada hari dan jam tersebut telah terisi jadwal lain.

“Saya mengharapkan, melalui Library Class ini Perpustakaan UNAIR mampu memberikan kontribusi bagi UNAIR. Saya juga mengharapkan, setelah mengikuti library class ini mahasiswa lebih mengetahui dan lebih mudah dalam membuat dan mempublikasikan jurnal,” tutupnya.(*)

Penulis: Alysa Intan Santika

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp