50 Tahun FKH UNAIR, SAGAVET Terus Berupaya Meningkatkan Database Alumni dan Branding

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dokumentasi Talk show Dies Natalis FKH UNAIR ke-50. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Drh. Desianto Budi Utomo, Ph. D. ketua Satria Airlangga Veterinarian (SAGAVET) Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA-UA) Komisariat Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) turut hadir dalam rangkaian acara Talk show Dies Natalis FKH UNAIR ke-50. Talk show bertajuk “FKH UNAIR dari Masa ke Masa” dilaksanakan di ruang Tandjung Adiwinata FKH UNAIR (Sabtu, 15/01/2021).

Dalam sambutannya, Drh. Desianto menyampaikan bahwa 50 tahun usia FKH UNAIR merupakan usia emas perjalanan. Dibalik prestasi dan capaian yang berhasil diraih oleh FKH UNAIR, masih tetap ada tantangan yang harus dihadapi.

“FKH UNAIR sebagai salah satu fakultas terbaik di Indonesia telah melahirkan ribuan dokter hewan. Kurang lebih ada 15.000 orang dokter hewan. Sayangnya, data terkait persebaran data alumni masih kurang baik dalam pencatatannya. Oleh karena itu, saat ini pengurus SAGAVET telah merancang big data untuk mengakomodir terkait alumni,” ujar Drh. Desianto.

Seperti halnya COVID-19, sambungnya, data alumni juga perlu kita lakukan tracking, tracing dan treatment baik yang berada di dalam negeri maupun yang berada di luar negeri. Database alumni yang baik akan memberikan mafaat yang optimal untuk FKH UNAIR.

“Beberapa alumni FKH UNAIR juga sangat aktif di luar negeri. Hal tersebut perlu kita gandeng untuk menebar kebermanfaatan di dalam negeri. Sehingga peran alumni juga bisa dirasakan oleh negara,” ujar Drh. Desianto.

Selain itu, lanjutnya, tantangan lain yang harus dihadapi oleh FKH UNAIR adalah masalah branding. Drh. Desianto menyebut branding sangat perlu dilakukan sebagai upaya marketing. FKH UNAIR dan alumninya harus dikenal di dalam dan di luar negeri.

“Kami mendiagnosa bahwa harus ada kebanggan yang perlu ditingkatkan terhadap almamater, dan ini belum terprogram secara utuh. Oleh karenanya, saat ini SAGAVET menghadirkan program Alumni Mengajar. Diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan emotional bonding antara fakultas, calon alumni dan alumni FKH UNAIR,” papar Drh. Desianto.

Untuk menunjang program tersebut, SAGAVET telah membentuk “Yayasan SAGAVET Hebat Indonesia” yang merupakan wadah untuk menampung aspirasi dan informasi terutama dalam hal penunjang profesi dokter hewan di Indonesia.

Moving forward, one step ahead. Setiap tahun kita akan adakan acara untuk menunjang hilirisasi alumni yang lebih baik,” pungkasnya. (*)

Penulis : Muhammad Suryadiningrat

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp