Komitmen Fakultas-Fakultas Dukung Program SDGs di UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) berkomitmen untuk memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat secara lebih luas baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Salah satunya dibuktikan dengan fakultas yang berada di lingkup UNAIR dalam berintegrasi melakukan agenda-agenda SDGs. Selain itu, untuk menelaah kegiatan pada tiap indikator SDGs dan dalam rangka keikutsertaan UNAIR dalam pemeringkatan THE IMPACT, maka tim SDGs Center UNAIR mengadakan roadshow dengan Fakultas. 

Roadshow yang digelar selama semester kedua tahun 2021 itu juga merupakan bagian dari SDGs 4 yakni quality education atau kualitas pendidikan yang mengarah pada sosialisasi mengenai SDGs. Kegiatan roadshow yang telah dilakukan meliputi tujuh Fakultas, yakni Fakultas Keperawatan (FKp), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Farmasi (FF), dan yang terakhir dilakukan hybrid yakni baik secara daring maupun luring di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). 

Bayu Arie Fianto, SE, MBA, PhD selaku Ketua SDGs Center UNAIR, mengatakan pentingnya pengadaan kegiatan roadshow karena tim SDGs Center UNAIR selalu bersedia untuk memberikan pemahaman dan pendampingan mengenai SDGs unggulan yang dapat dilakukan secara lebih maksimal pada masing-masing Fakultas.

“Kegiatan roadshow dapat menjadi jembatan silaturahmi antara tim SDGs Center UNAIR dengan tim SDGs yang ada di Fakultas-Fakultas. Selain itu, dalam rangka penjelasan dan pemberian pemahaman yang lebih detail terkait dengan SDGs yang diperuntukkan pada masing-masing Fakultas,” tutur Bayu, sapaan akrabnya.

Fakultas Keperawatan (FKp) menjadi Fakultas pertama yang mengajukan kegiatan roadshow dengan mengundang tim SDGs Center UNAIR secara daring pada hari Kamis (26/8/2021). Setelah itu pada hari setelahnya yakni Jumat (27/8/2021) telah dilaksanakan kegiatan roadshow oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di pagi hari, dan diikuti oleh Fakultas Sains dan Teknologi (FST) pada hari yang sama.

Bulan selanjutnya, tepatnya pada awal September Kamis (2/9/2021) telah dilakukan kegiatan roadshow di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Rabu (28/9/2021). 

Di bulan Oktober, Fakultas Farmasi (FF) menyusul pengadaan roadshow yang dilakukan secara daring pada Senin (18/10/2021). Kemudian untuk pertama kalinya kegiatan roadshow Fakultas dilakukan secara luring atau tatap muka yang juga disiarkan secara daring melalui zoom, yakni oleh Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) pada hari Jumat (29/11/2021). Kegiatan roadshow secara tatap muka di FKG kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan oleh tim SDGs Center UNAIR kepada tim SDGs FKG dalam pengisian aktivitas SDGs yang dilakukan sivitas akademika FKG.

“Pengadaan kegiatan roadshow kepada tujuh Fakultas dalam waktu tiga bulan, merupakan kemajuan yang signifikan terhadap awareness SDGs pada sivitas akademika UNAIR. Diharapkan selanjutnya makin banyak yang berpartisipasi dalam kegiatan yang berkaitan dengan SDGs, tidak hanya pada kegiatan roadshow saja,” pungkas Pak Bayu. (*)

Penulis : Fahira Anggraini

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp