Tatalaksana Rehabilitasi Medik pada Penderita Carpal Tunnel Syndrome

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto oleh carpaltunnel.ie

Sindroma terowongan karpal atau carpal tunnel syndrome (CTS) adalah kondisi yang membuat tangan mengalami kesemutan, mati rasa, nyeri, atau kelemahan. Sindroma ini disebabkan penjepitan saraf medianus pada terowongan karpal di pergelangan tangan. Prevalensi CTS dilaporkan antara 7% sampai 19% dari populasi. Prevalensi tertinggi 61% terjadi pada pekerja industri terutama yang menggunakan alat grenda, sedangkan 1% yang jarang menggunakan tangan secara berulang. Faktor risiko terjadinya CTS adalah penggunaan tangan dan pergelangan tangan yang berulang-ulang, postur yang jelek, angkat berat, dan vibrasi, juga obesitas, jenis kelamin wanita, usia lanjut dan merokok.

Gejala paling dominan pada penderita CTS berupa gangguan sensoris, yaitu kesemutan dan mati rasa. Penderita juga dapat mengalami gangguan untuk memegang benda kecil dan mengangkat beban. Selain itu, pada penderita dengan CTS juga sering dijumpai  kelemahan otot. Kelemahan genggaman dan pinch menyebabkan gangguan fungsi tangan dan secara keseluruhan mengganggu aktifitas hidup sehari-hari.

Tatalaksana CTS diberikan berdasarkan beratnya penyakit. Pada kasus ringan dan sedang, direkomendasikan terapi konservatif.  Penderita CTS berat dapat dilakukan pembedahan untuk mengurangi tekanan pada saraf. Tatalaksana rehabilitasi medik penderita CTS bertujuan mengurangi nyeri, mengurangi penjepitan pada terowongan karpal, memperbaiki fungsi tangan dan dapat melakukan aktifitas hidup sehari-hari. Program rehabilitasi yang dapat diberikan antara lain terapi latihan, terapi ultrasound, terapi laser, dan terapi gelombang kejut (SWT, Shockwave therapy). Tatalaksana rehabilitasi medik pada penderita CTS penting dilakukan sejak awal. Dengan penanganan yang tepat diharapkan penderita dapat melakukan aktifitas hidup sehari-hari tanpa gejala yang mengganggu.

Penulis: Imam Subadi, Hanik Badriyah Hidayati, Fidiana, Nur Sulastri

Detail tulisan lengkap dapat dilihat di: https://jphv.ub.ac.id/index.php/jphv/article/view/21

Subadi I, Hidayati HB, Fidiana F, Sulastri N. Medical rehabilitation management of carpal tunnel syndrome. Journal of Pain, Vertigo and Headache; 2021.2:34-37

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp