Antenatal Care di Masa Pandemi COVID-19, Siapa Takut?

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto by News Detik

COVID-19 pada tahun 2020 merupakan kasus yang telah menjadi pandemi di dunia. Hal ini merubah kebiasaan ibu hamil dalam melaksanakan ANC (Antenatal Care). Meskipun mendapatkan banyak informasi pada media massa, namun ibu hamil akan merasa khawatir untuk datang ke pelayanan kesehatan. Perlunya pemberian pendidikan kesehatan yang tepat pada ibu hamil dalam melakukan ANC pada kondisi pandemi COVID-19 akan dapat membantu pemerintah guna menurunkan kasus COVID-19 dan tetap mengedepankan kualitas pelayanan terutama pada ibu hamil yang merupakan kasus penyerta keempat di Indonesia dan dapat membantu untuk menurunkan risiko kematian ibu dan bayi sesuai dengan target SDGs dengan melaksanakan ANC dengan baik.

Pendidikan kesehatan ini disiapkan dalam 3 tahap (pengumpulan materi, pelaksanaan pendidikan kesejatan dan evaluasi). Tahap pelaksanaan dilakukan satu kali dengan pemaparan video dari para ahli dan pemaparan langsung oleh tim kepada ibu hamil. Video ini dikemas dalam video terintegrasi (dokter, bidan, dan tim). Video yang berisikan bagaimana cara menggunakan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit tipe B di Lamongan dan di Surabaya serta pemaparan pelayanan di Puskesmas dan materi terkait ANC secara offline pada tahap pelaksanaan ini.

Berdasarkan kegiatan peningkatan pendidikan kesehatan bagi ibu hamil dalam melakukan ANC pada kondisi pandemi COVID-19 ini, dapat diambil kesimpulan bahwa ANC harus tetap dilaksanakan dengan alur yang jelas pada masing-masing pemberi layanan kesehatan. Dibentuknya grup WA (WhatsApp) antara kader dengan ibu hamil, dimana informasi terbaru akan dapat tersampaikan, pemantauan jadwal ANC oleh kader kepada ibu hamil agar tetap dilaksanakan sesuai jadwal dan kesehatan ibu hamil dapat terpantau dengan baik. Penyegaran dalam melaksanakan deteksi dini risiko ibu hamil dengan menggunakan KSPR (Kartu Skor Poedji Rochjati) untuk kader juga perlu diberikan, agar dapat membantu ibu hamil dalam menentukan pemeriksaan ANC selanjutnya.

Penulis: Amellia Mardhika, S.Kep.,Ns.,M.Kes. 

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/5447

Sudaryanti, L., Mardhika, A., Qona’ah, A., Pangestu, A., Tyas, M., Ardian, M., & Laksana, C. (2021). Improved health education for pregnant women in performing antenatal care in the COVID-19 pandemic. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(4), 526–533. https://doi.org/10.26905/ABDIMAS.V6I4.5447

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp