Mata Tiruan untuk Membantu Meringankan Beban Psikologis dan Upaya Meningkatkan Penerimaan Sosial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto by liputan6.com

Mata merupakan komponen penting dari wajah dan organ penglihatan vital. Mata yang hilang bisa disebabkan oleh cacat bawaan, trauma, ataupun tumor. Kehilangan mata menghasilkan kelainan fisik yang nyata yang mempengaruhi beban psikologis pasien, serta terjadi kerusakan fungsi visual. Kehilangan mata tersebut sangatlah perlu dilakukan rehabilitasi secara dini agar meringankan pikiran orang yang menderita. Prostesis mata merupakan protesa yang secara artifisial dapat menggantikan mata yang hilang. Selama dan setelah Perang Dunia II, protesa mata kaca buatan dibuat dari bahan akrilik. Kelebihan dari protesa mata resin akrilik diantaranya adalah mudah dipasang dan disesuaikan, tidak mudah pecah, baik secara estetika, tahan lama, dan lebih mudah dibuat. Protesa mata okular dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, strok eye dan costom-made eye prothesis. Kelebihan dari protesa costom-made eye diantaranya memiliki kontak yang baik dengan jaringan lunak mata, sehingga mengurangi akumulasi cairan diantara jaringan dan prostesis dengan demikian dapat mengurangi kemungkinan iritasi jaringan dan pertumbuhan bakteri.

Prostesis okular costom-made eye memiliki keuntungan memberikan kenyamanan maksimal dan adaptasi yang dekat dengan unggun jaringan. Dalam artikel ini menjelaskan rehabilitasi cacat mata oleh prostesis mata pada pasien pria. Pemulihan setelah kehilangan mata membutuhkan penyesuaian dengan penglihatan bermata dan perbaikan penampilan dengan penggunaan mata buatan yang disiapkan dengan hati-hati agar sesuai dengan mata alami yang tersisa. Prostesis maksilofasial meningkatkan kualitas hidup pasien dan mendorong mereka untuk membangun kepercayaan diri untuk kembali ke kehidupan sosial mereka. Prostesis costom-made eye memiliki keunggulan adaptasi yang dekat dengan jaringan, memberikan kenyamanan maksimum dan mengembalikan fungsi fisiologis penuh ke organ-organ aksesori mata. Pembuatan protesis dengan desain hollow dapat mengurangi berat dari protesis, sehingga pasien lebih merasa nyaman dalam pemakaiannya.

Kesimpulannya dalam  menghasilkan prostesis yang baik dan nyaman, teknik yang lebih baik bersama dengan pemahaman yang lebih baik tentang sikap mental pasien harus dipertimbangkan. Pembuatan prostesis costom-made eye untuk membuat prostesis okuler memberikan adaptasi yang baik dengan jaringan, memberikan kenyamanan maksimum secara estetika dan fungsional daripada prosthesis stock eye.

Penulis : Imam Safari Azhar., drg., M.Kes., Sp.Pros

Informasi detail dari penelitian ini dapat dilihat di: 

https://doi.org/10.47895/amp.v55i8.2119

Azhar, Imam Safari; Megantara, Rizko Wira Artha; Dahlan, Agus. (2021). Custom-made Ocular Prosthesis for Rehabilitation of Missing Parts of the Face: A Case Report. Acta Medica Phillipina. 2021; Vol 55 No 8. : 833-837.   https://doi.org/10.47895/amp.v55i8.2119 

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp