Kandungan Bahan Aktif pada Siwak

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto oleh econo-ecolo.org

Saat ini perkembangan teknologi di bidang kesehatan gigi dan mulut semakin maju seiring dengan munculnya revolusi industri 4.0. Revolusi ini menunjukkan adanya perubahan penggunaan teknologi tradisional yang dipadukan dengan teknologi modern, salah satunya untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menggunakan siwak. Siwak mampu menghilangkan noda dan sisa makanan yang mengandung mikroorganisme pada permukaan gigi.

Kenyataannya tren membersihkan gigi dengan siwak di tengah perkembangan teknologi modern banyak dijumpai di berbagai negara besar. Banyaknya manfaat yang didapatkan dengan menggunakan siwak dapat meningkatkan perdagangannya di seluruh dunia, sehingga siwak mudah diperoleh di pasaran.

Siwak memiliki berbagai kemasan yang bersih dan sehat di pasaran. Sehingga kandungan kimia dalam siwak memicu para ilmuwan untuk mengembangkannya tidak hanya sebagai sikat gigi, tetapi juga pasta gigi. Pasta gigi dari ekstrak siwak kini hampir mengalahkan penjualan pasta gigi konvensional di pasaran. Ukuran siwak yang kecil dan rasanya yang seperti mint membuat siwak nyaman digunakan.

Hal inilah yang mendasari tim peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis kandungan berbagai zat aktif pada variasi siwak yang dijual bebas di pasar umum.

Pada dasarnya di dalam tubuh manusia terdapat fosfor dan kalsium yang dapat membentuk senyawa kalsium fosfat yang penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Kemudian dari hasil penelitian didapatkan bahwa siwak yang beredar di pasaran mengandung bahan aktif berupa asam fosfat yang terdiri dari atom fosfor yang berguna dalam pembentukan gigi dan tulang.

Diharapkan siwak dapat direkomendasikan sebagai cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang murah dan nyaman bagi masyarakat.

Penulis: Dr. Tim

Link Jurnal: https://www.jioh.org/article.asp?issn=0976-7428;year=2021;volume=13;issue=3;spage=258;epage=266;aulast=Tri

Referensi:

Jayanti AT, Nasution A, Suyanto H, Bramantoro T, Fauziyah AR. The content of active materials in miswak (Salvadora persica): An Analytical study using Fourier-transform infrared spectroscopy and ultraviolet-visible spectrophotometer. J Int Oral Heal. 2021;13(3):258–66.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp