Melatih Kreativitas dan Sikap Berpikir Kritis Melalui Artikel Ilmiah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi D-III Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menggelar lomba Artikel Ilmiah VOCIARCO (Vocational Scientific Article Competition) bagi seluruh mahasiswa/i aktif vokasi dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Lomba yang diadakan pada tanggal 28 Juni 2021 ini mengangkat tema “How to Create a Better Welfare in Indonesia After Covid-19 Ends” dengan tiga subtema antara lain ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Kegiatan tersebut telah berlangsung dengan diikuti oleh 32 peserta, dengan delapan peserta berasal dari internal Universitas Airlangga dan 24 peserta lainnya berasal dari Perguruan Tinggi se-Indonesia. Lomba yang dinilai langsung oleh dua orang dewan juri dari prodi Keperawatan UNAIR, yaitu Fanni Okviasanti, S.Kep., Ns., M.Kep. dan Amellia Mardhika, S.Kep. Ns., M.Kes. itu dimumkan pada 11 November 2021 lalu.

Muhammad Syifaul Fikri selaku ketua pelaksana dalam perlombaan mengatakan bahwa mahasiswa sebagai salah satu potensi unggul sumber daya manusia Indonesia di masa depan diharapkan dapat berperan lebih dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Guna memenuhi harapan tersebut mahasiswa diarahkan agar bisa berperan dengan menuangkan ide dan pemikiran kreatifnya mengenai cara mewujudkan kesejahteraan sosial yang lebih baik setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Upaya itu dapat dilakukan melalui berbagai media, salah satunya yaitu melalui tulisan berupa artikel ilmiah. Selain itu, lomba penulisan artikel ilmiah ini diadakan dengan tujuan untuk melatih kreativitas dan sikap berpikir kritis melalui penemuan solusi dalam menjawab tema dari lomba penulisan artikel. Lomba ini juga diharapkan dapat meningkatkan jiwa sportivitas pada diri mahasiswa dalam persaingan penulisan artikel ilmiah serta bisa menjadi warming-up untuk membuat skripsi ataupun tugas akhir.

Sesuai dengan hasil penilaian, dipilih tiga pemenang dari setiap subtema. Berikut daftar nama pemenangnya:

Subtema Kesehatan:

1.      Istivaniyatus Saidah

2.      Azzahra Mustika Rahmawati

3.      Anitta

Subtema Pendidikan

1.      Dita Levia Utami

2.      Monita Malahani

3.      Tafri Khatul Maula

Subtema Ekonomi

1.      Maya Nur Oktaviani

2.      Annisa Gevidha

3.      Riya Cahyaning Tyas Putri

Hasil yang didapatkan dari lomba penulisan artikel ilmiah ini berupa artikel ilmiah yang diciptakan oleh peserta lomba. Dimana artikel tersebut sesuai kesepakatan antara peserta dan panitia, menjadi hak milik dari penyelenggara kegiatan sehingga dapat digunakan untuk menambah publikasi ilmiah dari Program Studi D-III Keperawatan. (*)

Penulis : Rena Malinda, Santika Rahmadanti, Sundus Maulida R, dan Zenifril Itoh S.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp