Jarang Jadi Perhatian, Begini Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi webinar rangkaiang kegiatan BKGN RSKGMP UNAIR dan FKG UNAIR (foto: dokumen pribadi)

UNAIR NEWS – Tidak sedikit orang yang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Padahal menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mulut merupakan indikator kunci kesehatan secara keseluruhan, kesejahteraan, dan kualitas hidup. Hal itu karena gigi dan mulut merupakan “pintu masuk” ke saluran pencernaan dan pernapasan.

Guna mengedukasi masyarakat umum akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Airlangga (RSKGMP UNAIR) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAIR menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional pada Minggu (7/11/2021). Pada penyelenggaraan BKGN ke-12 ini, FKG UNAIR mengusung tema “Lebih dari Sekedar Senyum: Kesehatan Mulut dan Tubuh Anak.” Sebagai pembicara, hadir drg. Ardianti Maartrina Dewi, M.Kes., Sp.KGA., K-PKOA yang merupakan pengurus Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia.

Dalam sesi webinar, drg. Ardianti menegaskan akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama pada anak. Hal itu sebagaimana yang diamanatkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bahwa salah satu dari hak anak yakni hak atas kesehatan.

“Orang tua utamanya, wajib melindungi adanya hak anak tersebut (utamanya hak atas kesehatan, Red). Karena kesehatan anak-anak juga merupakan modal utama bagi pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah menjadi komitmen global dan nasional,” tutur drg. Ardianti.

Tidak hanya sesi materi yang disampaikan oleh drg. Ardianti, panitia juga menayangkan video edukasi kesehatan gigi dan mulut. Video tersebut dikemas dalam bentuk animasi. Melalui video, anak-anak yang hadir mendapatkan penjelasan mengenai jenis-jenis gigi, waktu yang tepat untuk menyikat gigi, serta pentingnya menyikat gigi.

Selain itu diadakan pula sesi menyikat gigi bersama secara dalam jaringan (online). “Sesi tersebut akan dihadiri kurang lebih 200 dokter gigi. Mereka akan memberikan penyuluhan menyikat gigi, untuk sekitar 75 adik-adik Sekolah Dasar (SD) yang juga didampingi oleh para orang tua,” ujar Imam Safari Azhar, drg., M.Kes selaku Ketua BKGN FKG UNAIR 2021.

drg. Imam menambahkan, bahwa acara tersebut merupakan aktivitas yang bersifat sosial. “Acara ini sebagai bentuk kepedulian dokter gigi pada kesehatan, khususnya kesehatan gigi dan mulut. Alhamdulillah, BKGN terus berjalan hingga saat ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut di luar dari acara tersebut, para orang tua dapat mengkonsultasikan kesehatan gigi dan mulut anak mereka. “Jadi atas kerja sama RSKGMP dan FKG UNAIR, akan ada juga sesi tele dentistry. Dimana kami akan membuka sesi konsultasi via WhatsApp yang berlangsung pada tanggal 25, 26, dan 29 November tahun 2021,” jelas drg. Imam.

Penulis: Fauzia Gadis Widyanti

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp