Religiusitas, Pengendalian Diri, dan Perilaku Seksual Pranikah Remaja SMP Islam

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto dari Facebook SMPI Ngadirejo

Studi religiusitas dengan perilaku seksual pranikah menunjukkan hasil yang beragam dan dilakukan dalam konteks Muslim masih kurang terwakili. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan religiositas, pengendalian diri, dan perilaku seksual pranikah pada siswi siswi SMP Islam dan SMP negeri.Desain dalam penelitian ini adalah studi korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan terhadap 240 remaja putri dari sekolah Islam dan SMP negeri dan dianalisis menggunakan uji statistik Mann-Whitney U Test.

Hasil penelitian menunjukkan religiusitas dan perilaku seksual siswa dari kedua sekolah adalah sama, sedangkan pengendalian diri berbeda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat religiusitas pada siswi SMP Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah (p=0,434), terdapat perbedaan tingkat pengendalian diri pada siswi SMP Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah. SMP (0,000), juga tidak ada perbedaan perilaku pacaran pada siswi SMP Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah (0,156). Dapat disimpulkan bahwa kedua siswa SMP memiliki tingkat religiusitas sedang dan perilaku seks pranikah berisiko. Siswa perempuan di SMP Islam memiliki tingkat pengendalian diri yang lebih baik dibandingkan dengan SMP negeri.

Studi lebih lanjut harus memasukkan lebih banyak variabel seperti hubungan antara orang tua dan anak-anak mereka, pengaruh media sosial, dan teman-teman. Penelitian selanjutnya sebaiknya melibatkan responden dari pondok pesantren yang mungkin menunjukkan hasil yang berbeda.Temuan ini memberikan panduan bagi orang tua dan guru untuk mempromosikan intervensi kesehatan di masa depan tentang perilaku seksual pranikah.

Penulis: Aria Aulia Nastiti, Ira Suarilah, Catur Ari Intan, Liyao Zhang

Link Jurnal: The International Journal of Religion and Spirituality in Society” Volume 11, Issue 2, 2021, https://onreligion.com dengan judul “Religiosity, Self-Control, and Premarital Sexual Behavior of Adolescents from Islamic and Public Junior High Schools in Kediri, Indonesia” link jurnal tersebut adalah http://34.231.2.133/bookstore/works/religiosity-selfcontrol-and-premarital-sexual-behavior-of-adolescents?category_id=cgrn&path=cgrn%2F262%2F263

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp