Entrepreneurial Mindset of Successful Women from Recycling Waste

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto oleh ajaib.co.id

Kondisi ekonomi dunia yang buruk telah mengguncang seluruh pelosok tanah air. Ini mendorong perempuan untuk menghasilkan uang dengan berdagang dan menjadi pengusaha.  Perempuan mulai berperan membantu sesama untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Peran perempuan di era digital atau industri 4.0 sangat besar. Pesatnya pertumbuhan wirausaha perempuan terbukti dalam tiga tahun terakhir; bisnis e-commerce telah mengalami booming melalui berbagai start-up. Mereka melakukan bisnis dari rumah. Mereka membuka diri, mulai dari perusahaan kecil, bahkan dari satu produk saja, berangsur-angsur berkembang dengan pangsa pasar yang besar. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa semua pengusaha memiliki persepsi sukses yang berbeda, yang sangat berarti bagi mereka. Mereka dapat menganggap diri mereka sukses, meskipun, melihat ke luar dan mengukur dengan ukuran keuangan, bisnis mereka telah mencapai tingkat keberhasilan yang berbeda (Simpson et al., 2004). Banyak jenis penelitian tentang kewirausahaan menyatakan bahwa kesuksesan bisnis

dipengaruhi oleh seberapa tajam seseorang dalam memahami dan menganalisis perubahannya (Gupta & Govindarajan, 2002). Hal terpenting dalam membentuk dan mengasah ketajaman adalah membangun mindset entrepreneur, yaitu sebuah konsep dalam psikologi yang menekankan pemahaman seseorang dalam memahami lingkungannya dan beradaptasi.

Perubahan yang dirasakan dalam lingkungan bisnis kewirausahaan telah mempengaruhi pengusaha untuk mencari peluang baru (Stewart Jr et al., 2008). Studi lain menyatakan interaksi antara lingkungan eksternal dan internal dan pengaruhnya terhadap bagaimana wirausahawan mengembangkan strategi yang dapat disesuaikan untuk bertahan dan memenangkan persaingan untuk mencapai kesuksesan, berdasarkan pola pikir konstruksi yang menjanjikan dalam hal ini. Pola pikir dapat digambarkan sebagai soft strategi yang berkembang dan berubah, bersama dengan strategi interaksi individu dan pengalaman dengan lingkungannya (Gollwitzer, 1990). Dari uraian fenomena di atas, maka tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pikir perempuan yang telah sukses dalam berwirausaha dan faktor-faktor yang mendorong keberhasilannya.

Metode dan Hasil

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan  fenomenologis (Moustakas, 1994). Pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi langsung. Key informent adalah wanita pengusaha sukses di bidang daur ulang sampah yang berdomisili di DKI Jakarta. Hasil penelitian menemukan bahwa secara umum pola pikir kewirausahaan yang dimiliki oleh perempuan pengusaha daur ulang sampah dikelompokkan menjadi lima, yaitu: peduli lingkungan, pembelajaran, spiritualitas, kreativitas, serta inovasi dan pengembangan. Pola pikir berfungsi sebagai panduan dan strategi yang tepat untuk sukses.

Penulis: Tatag Herbayu Latukismo, Indrianawati Usman, Praptini Yulianti, Nuzulul Fatimah, Ilham, Heri Cahyo Bagus Setiawan

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami: https://rigeo.org/submit-a-menuscript/index.php/submission/article/view/285/208

Tatag Herbayu Latukismo, Indrianawati Usman, Praptini Yulianti, Nuzulul Fatimah, Ilham, Heri Cahyo Bagus Setiawan (2021). Entrepreneurial Mindset of Successful Women from Recycling Waste, Review of International Geographical Education Online  Vol. 11, Issue 3, 2021. pp 628-635

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp