Real-Time Identifikasi Beban Harmonik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto oleh TechPowerUp

Saat ini, penggunaan beban nonlinier dalam kelangsungan kegiatan sehari-hari maupun dalam kegiatan industri semakin meningkat. Beban nonlinier termasuk perangkat elektronik dalam sistem distribusi seperti komputer, televisi, lampu, motor, AC, dll. Ini adalah komponen utama dari sumber harmonik arus, yang dapat meningkatkan distorsi harmonik. Beban nonlinier menyebabkan arus non-sinusoidal karena proses switching komponen. Distorsi harmonik adalah sinyal terdistorsi yang muncul dalam kelipatan frekuensi dari frekuensi dasar 50 Hz. Distorsi harmonik dapat mempengaruhi penurunan kualitas daya seperti faktor daya yang buruk, arus yang tidak seimbang, rugi-rugi daya. Oleh karena itu, Real-Time Identifikasi Beban Harmonik diperlukan untuk mengetahui distorsi harmonik.

Distorsi Harmonik

Distorsi harmonik adalah sinyal yang terdistorsi karena arus muncul dalam kelipatan frekuensi dari frekuensi dasar 50 Hz. Distorsi harmonik dihasilkan oleh beban non-linier. Untuk menganalisis distorsi harmonik digunakan Fast Fourier Transform (FFT). FFT membutuhkan data dari output perangkat akuisisi. Metode ini mendapatkan nilai input dari Analog to Digital Converter (ADC). FFT menyediakan frekuensi vs besaran untuk mendapatkan orde harmonik. Nilai distorsi harmonik dapat direpresentasikan dengan Total Harmonic Distortion (THD).

Desain Hardware

Bagian ini menjelaskan identifikasi beban menggunakan harmonik arus tiga bagian. Yang pertama menyajikan desain akuisisi data. Pada bagian kedua disajikan uraian tentang cara mendapatkan nilai distorsi harmonik. Kemudian, bagian terakhir menunjukkan proses pelatihan dan hasil pengujian. Gambar 1 menunjukkan prototipe pemantauan beban identifikasi yang terdiri dari mikrokontroler STM32F7, sensor arus (AMC1100), input analog, dan output digital.

Simpulan dan Harapan

Real-time identifikasi beban harmonic sangat diperlukan untuk mengetahui beban harmonic apa saja yang ada didalam sebuah jaringan listrik. Sehingga pemilik jaringan listrik dapat mencegah dampak yang ditimbulkan oleh harmonic.

Penulis: Aji Akbar Firdaus, S.T., M.T.

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di: https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85115793827&doi=10.15866%2firee.v16i3.18131&origin=inward&txGid=c48e863cb38b3178e5678ea57feefe40

 Top of Form

Bottom of Form

Anggriawan, D.O., Amsyar, A., Firdaus, A.A., Wahjono, E., Sudiharto, I., Prasetyono, E., Tjahjono, A.: Real time harmonic load identification based on fast fourier transform and artificial neural network

International Review of Electrical Engineering; Juni 021, Volume 16, Issue 3, 2021, Pages 220-228

ISSN: 18276660

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp