HIMANIS Vokasi UNAIR Gelar Lomba Methanol Tingkat SMA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – METHANOL (Medical Laboratory Technologist Olympiad) merupakan suatu perlombaan nasional yang dibagi menjadi 2 jenis cabang lomba yaitu lomba LKTIN untuk mahasiswa seluruh universitas yang ada di indonesia dan ada lomba olimpiade untuk siswa/i SMA/SMK/MA sederajat di seluruh Indonesia, sekaligus  program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis. Olimpiade diselenggarakan secara daring pada tanggal 14 juni – 23 september 2021 dan grandfinal pada minggu (26/9/2021). 

Kiara Meidita selaku ketua pelaksana mengungangkapkan, baik dari cabang lomba KTI dan olimpiade, seluruh peserta tampak sangat antusias untuk menyambut acara ini. Banyak peserta yang aktif bertanya dan berbagi cerita tentang pengalaman mereka selama mengikuti rangkaian lomba ini. Menurutnya dengan adanya lomba kali ini membangkitkan semangat dan antusiasme siswa siswi untuk bersaing dan berjuang untuk menambah prestasi di tengah pandemi Covid-19. 

Kiara, sapaannya, menuturkan bahwa perlombaan olimpiade itu sebagai wadah kita meningkatkan semangat prestasi dan bersaing secara intelektual serta berpikir kritis, inovatif yang dituangkan dalam tulisan dalam bentuk ide kreatif. 

“Pelaksanaan lomba METHANOL kali ini yang diadakan secara daring melalui zoom, membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkannya, karena bersifat online, tidak jarang menemui kasus kendala jaringan antar peserta dan panitia, namun dapat langsung teratasi dan acara dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya. 

Diketahui, Dosen Fakultas Sains dan Teknologi, Nita Citrasari S.Si., Mt berkesempatan hadir untuk menjadi dewan juri dalam cabang lomba KTI. 

Total, sebanyak 6 peserta lomba meraih kesempatan untuk menjadi juara olimpiade  1) Naura Alya Khairunnisa (SMA Al- Izzah Batu) ; 2) Daphne Cheryl Marvella (SMK Kristen Petra 2) ; olimpiade 3) Meylina Kuswara (SMK Sepuluh November Sidoarjo). Sedangkan pemenang dari cabang KTI ada diantaranya 1) Dina Ferdinasari, Argianti Kalula, Muhamad Novan Agandra Rois : (Institut Teknologi Bandung (ITB)  “Pemanfaatan Bakteri Basil Dengan Menghasilkan Energi Listrik Melalui Proses Penguapan Air Untuk   Memproduksi Green Hydrogen” ; 2) Husna Latifatul Karimah, Adinda Dwi Putri Rahmawati, Hanif Mubarak Adnan (Universitas Diponegoro Semarang)  “T-MODIES “TETRASELMIS SP MICROALGAE BIODIESEL” INOVASI BIODIESEL BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN METODE IN SITU SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG KETAHANAN ENERGI NASIONAL PASCA PANDEMI COVID-19” ; 3) Salsabila Amania, Wandaratu Kartikasari, Nanda Adelia Saputri (Universitas Airlangga) “TE-LIHE: INOVASI TEH HERBAL BERBAHAN DASAR BROKOLI(Brassica oleracea L.) DAN JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc.)”

Kiara berharap, di perlombaan methanol tahun dapat berlangsung secara offline. “Tetap semangat berjuang raih prestasi dan menginspirasi untuk terus berinovasi,” tutup Kiara. 

Penulis: Salsabila Aylsa

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp