Peran Riwayat Keluarga dalam Terjadinya Bibir Sumbing dengan atau tanpa Celah Langit-Langit tanpa Sindrom

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foyo oleh berkeluarga.id

Bibir sumbing dengan atau tanpa celah langit-langit (CL/P) merupakan kelainan pertumbuhan wajah yang terjadi selama kehamilan dan memiliki beberapa factor penyebab. Adapun factor utama penyebabnya antara lain adalah genetic dan lingkungan yang dapat diperparah dengan resiko keturunan atau riwayat keluarga. Meskipun demikian, dalam penelitian yang dilakukan di beberapa negara terdapat hasil yang berbeda-beda mengenai riwayat keluarga sebagai factor terjadinya bibir sumbing dengan atau tanpa celah langit-langit. Dengan demikian belum ada consensus secara global mengenai fenomena tersebut.  

Sebuah studi telah dilakukan dengan tujuan untuk meninjau beberapa sumber literatur dalam menemukan korelasi tentang sebuah peran riwayat keluarga sebagai factor resiko dari bibir sumbing tanpa sindrom. Studi ini membahas mengenai penyebab terjadinya bibir sumbing dan factor resiko pada bibir sumbing serta mengkalkulasikan terjadinya bibir sumbing yang didasarkan dari Riwayat keluarga.

Dalam studi yang dilakukan, sejauh ini belum ditemukan penyebab pasti dari terjadinya kondisi penyakit bibir sumbing. Perlu dilakukan studi lebih dalam dan lanjut untuk menelusuri lebih jauh mengenai korelasi riwayat keluarga dalam terjadinya kondisi bibir sumbing. Adapun dalam antisipasinya adalah dengan memberi edukasi lebih terkait proses genetic terjadinya fenomena tersebut kepada-ibu–ibu yang sedang hamil.

Penulis: Dr. Agung Sosiawan, drg., M.Kes.

Link Jurnal: https://e-journal.unair.ac.id/MKG/article/view/27684

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp