Dampak Faktor Kognitif pada Keputusan Keuangan Individu

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto oleh HOA Management

Behavioral Finance merupakan penelitian yang meyakini bahwa terdapat pengaruh psikologis berupa aspek kognitif yang mempengaruhi seseorang dalam proses pengambilan keputusan (Costa et al., 2019; Valaskova et al., 2019). Ada berbagai faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan individu baik ekonomi maupun psikologis. Faktor ekonomi tersebut adalah keuntungan yang diharapkan, kondisi ekonomi, pergerakan harga terkini, risiko, dan faktor lainnya (Valaskova et al., 2019). Sayangnya, faktor psikologis sulit untuk dievaluasi seperti bias emosional, pengalaman, literasi keuangan, dan faktor kognitif lainnya yang memiliki efek kuat pada pengambilan keputusan (Katarachia & Konstantinidis, 2014).

Dengan demikian, penelitian ini akan memperhatikan faktor kognitif yang akan menjadi determinan signifikan dalam proses pengambilan keputusan keuangan. Diantaranya adalah pengetahuan keuangan. Herdjiono dan Damanik (2016) telah membuktikan bahwa pengetahuan keuangan sangat dibutuhkan masyarakat untuk menghindari masalah keuangan terutama dalam rangka pengambilan keputusan keuangan. Penelitian ini telah mengidentifikasi tiga faktor kognitif yaitu perencanaan keuangan, perilaku menggiring, dan pengetahuan keuangan sebagai determinan terhadap keputusan keuangan. Perencanaan keuangan dan pengetahuan keuangan telah diperiksa secara luas oleh literatur masa lalu dimana perilaku menggiring dapat menjadi kontribusi baru untuk literatur yang juga mempengaruhi pengambilan keputusan keuangan. Di era teknologi saat ini, diyakini bahwa kecenderungan dipengaruhi oleh berbagai informasi sangat tinggi karena informasi tidak memiliki batas dan dapat mempengaruhi penilaian orang. Oleh karena itu, herding behavior yaitu perilaku masyarakat untuk menggiring atau bereaksi terhadap informasi lain dianggap penting dalam proses pengambilan keputusan.

Pengetahuan Keuangan

Pengetahuan keuangan memainkan peran penting dalam perilaku keputusan keuangan karena memungkinkan individu untuk memahami konsep keuangan, prosedur kegiatan keuangan dan evaluasi pengambilan keputusan keuangan yang sehat (Baker, 2019; Ghesquiere et al., 2017; Lichtenberg et al., 2015). Konsep literasi keuangan menurut Organization for Economic Cooperation and Development adalah pengetahuan, pemahaman konsep dan kepercayaan diri untuk membuat keputusan yang efektif dalam konteks keuangan, meningkatkan kesejahteraan keuangan individu dan masyarakat, dan memungkinkan partisipasi dalam kehidupan ekonomi (Garg & Singh, 2018). Dengan demikian, pengetahuan keuangan akan meningkatkan kapasitas keuangan individu yang merupakan kemampuan untuk menekankan literasi keuangan individu dan pemilihan kegiatan keuangan dalam pengaturan kehidupan praktis, menyadari situasi keuangan individu dan merasionalisasi kinerja keuangan global (National Academies of Sciences, Engineering, 2016).

Perencanaan Keuangan

Individu membuat keputusan keuangan berdasarkan perencanaan keuangan masa depan yang bervariasi sesuai dengan tingkat pendapatan, kematian, dan sikap risiko mereka (Alonso-garcía & Sherris, 2019). Selanjutnya, harapan hidup antar individu akan mempengaruhi perencanaan keuangan masa depan mereka dan kemudian akan mempengaruhi keputusan keuangan mereka saat ini. Hal ini dibuktikan oleh Alonso-garcía dan Sherris (2019) dimana perbedaan mortalitas berpengaruh terhadap perencanaan keuangan. Selain itu, pengalaman krisis keuangan masa lalu memiliki dampak besar pada individu karena mereka telah mengamati bagaimana kapasitas keuangan mereka menurun karena krisis pekerjaan dan peristiwa tidak pasti yang mempengaruhi perencanaan keuangan mereka (Fiksenbaum et al., 2017; Greenglass et al., 2013).

Perilaku Menggembala

Perilaku menggiring didefinisikan sebagai individu yang mendorong untuk mengikuti keputusan yang dibuat oleh mayoritas atau karena berita tertentu (Bakar et al., 2016; Qasim et al., 2019). Dalam konteks ini, individu dapat mengabaikan naluri mereka sendiri atau faktor internal lainnya di mana evaluasi dilakukan dengan mengikuti keputusan orang lain dan meniru mereka (Rihards et al., 2019; Simões & Valente, 2015). Beberapa peneliti berpendapat bahwa herding adalah perilaku yang memperburuk volatilitas pasar dan menyebabkan ketidakstabilan pasar (Bikhchandani & Sharma, 2001; Guney et al., 2017; Spyrou, 2013). Namun demikian perilaku herding lebih umum di kalangan investor institusional daripada investor individu (Bakar et al., 2016; Camara, 2017). Dengan demikian, perilaku herding tidak hanya mempengaruhi individu tetapi juga investor institusi (Metawa et al., 2019).

Metode dan Hasil

Penelitian ini mengadopsi metodologi kuantitatif untuk pengumpulan data serta analisis data. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh faktor kognitif terhadap variabel terikat yaitu keputusan keuangan. Dalam penelitian ini, konstruk dikembangkan dengan tiga variabel bebas; pengetahuan keuangan, perencanaan keuangan dan perilaku menggiring sedangkan keputusan keuangan adalah variabel dependen. Sebanyak 125 data survei dari 173 digunakan untuk analisis data dan data dikumpulkan dari dosen dan staf administrasi dari universitas setempat.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor kognitif terhadap keputusan keuangan individu. Melalui analisis regresi berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dua variabel kognitif yaitu pengetahuan keuangan dan perencanaan keuangan yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan keuangan. Perilaku menggiring ditemukan tidak signifikan mempengaruhi proses keputusan keuangan individu. Hasil penelitian ini akan menjadi penting untuk membuktikan bahwa selain faktor eksternal, faktor internal yang merupakan elemen kognitif sangat penting dalam mempengaruhi keputusan keuangan individu.

Penulis: Dr. Ririn Tri Ratnasari, SE., M.Si.

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di: https://www.researchgate.net/publication/348035082_THE_IMPACT_OF_COGNITIVE_FACTORS_OVER_INDIVIDUALS’_FINANCIAL_DECISION

Marhanum Che Mohd Salleh, Mohammad Abdul Matin Chowdhury, Ahmad Fawwaz Bin Mohd Nasarudin and Ririn Tri Ratnasari. (2020). The Impact of Cognitive Factors on Individuals’ Financial Decisions. Management & Accounting Review, Volume 19 No. 3.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp