DPKKA UNAIR Bareng MSI Alpha, Gelar Webinar Ajarkan Peserta Mengasah Skill untuk Abad 21

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi Pemaparan Materi oleh Florensia W. Daryanto selaku founder Bright Internships pada Webinar bertajuk “Equipping Yourself with 21st Century Skills“ pada Sabtu (04/08/2021) (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) bersama dengan Magnet Solusi Integra (MSI) Alpha menggelar webinar bertajuk “Equipping Yourself with 21st Century Skills“ dalam rangkaian Career Booster Series pada Sabtu (04/09/2021). Lebih dari 290 peserta menghadiri acara yang disiarkan melalui platform zoom meeting dan Youtube tersebut.

Novianingtyastuti selaku Direktur MSI dalam sambutannya mengatakan, Career Booster merupakan acara pertama dari MSI Alpha yang diharapkan dapat membantu para peserta membangun harapan baru. Selain itu, Novi juga mengharapkan, Career Booster dapat memberikan kesempatan dan informasi magang hingga kerja bagi para pesertanya.

Hadir sebagai narasumber Florensia W. Daryanto selaku founder Bright Internships. Pada kesempatan tersebut, wanita yang akrab disapa Flo itu memaparkan tentang perbedaan tentang dunia pekerjaan dulu dan sekarang.

“Sekarang ini birokrasi dapat dilakukan lebih cepat, karena struktur organisasi sekarang sudah banyak yang flat. Kemudian, waktu dan tempat bekerja sekarang sangat fleksibel. Karena sifatnya yang fleksibel, jadi orientasinya pada hasil. Lalu, sekarang ini lebih banyak freelancer. Harus siap dengan kompetisi yang ada, agar dapat menjadi orang terbaik yang dicari perusahaan,” jelasnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan tentang skills-skills yang dibutuhkan pada abad 21 ini. Pertama ialah berpikir kritis. Berpikir kritis menurutnya penting untuk memecahkan suatu masalah yang akan dihadapi di perusahaan. Sebab, perusahaan yang maju akan selalu ada masalah sehingga akan terus berkembang. 

Selain itu, memiliki kreativitas yang out of the box juga penting untuk para pekerja di abad 21. Kemampuan berkolaborasi dengan banyak orang dari banyak kalangan juga merupakan skill yang perlu diasah oleh para pekerja. 

“Dalam melakukan kolaborasi dengan banyak orang tentunya komunikasi sangat penting untuk diasah. Berkomunikasi dengan efektif akan sangat membantu saat di kantor. Lalu, mempelajari dan mencari data dari sumber yang kredibel pun penting. Jangan gaptek, pelajarilah software-software seperti Microsoft,” tuturnya.

Ia melanjutkan, kemampuan untuk adaptasi yang cepat dengan keadaan saat itu juga penting, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Kemampuan memimpin akan menjadi suatu skill yang akan menarik HRD saat menyeleksi para calon pekerja. 

“Memiliki inisiatif dan menjadi produktif pula diperlukan oleh para pekerja di abad 21 ini. Perusahaan akan melihat hasilnya, terpenting adalah sesuai dengan waktu tenggangnya,” tambahnya.

Kemudian, Flo menambahkan, pengendalian stress juga perlu dipikirkan oleh para calon pekerja. Para calon pekerja juga harus mengetahui keunggulan dirinya sendiri, keluar dari zona nyamannya, dan asah hardskill dengan mengikuti banyak kelas. Menurutnya, memiliki mentor akan sangat membantu untuk mengembangkan diri. 

“Jalinlah relasi dengan learning by doing, ikut magang atau part-time job. Berkomitmen dan tetaplah terus termotivasi,” tutupnya. (*)

Penulis: Alysa Intan Santika

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp