Penatalaksanaan Interdisiplin Perawatan Rehabilitasi Estetik dan Fungsional Gigi Anterior pada Pasien dengan Dental Anxiety

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto Dental Tribune

Dental anxiety dapat menjadi masalah bagi dokter gigi untuk menyelesaikan perawatan gigi. Orang dengan dental anxiety sering menunda atau menghindari pemeriksaan gigi. Perawatan menjadi sulit dilakukan karena membutuhkan lebih banyak waktu dan perilaku pasien yang tidak kooperatif akan menghambat kedua belah pihak yaitu pasien dan dokter gigi.

Dental anxiety dapat bersumber dari pengalaman negatif langsung di masa lalu atau melalui informasi tambahan. Untuk mengatasi masalah ini, ada dua metode, yaitu farmakologis dan non-farmakologis. Kehadiran dan keyakinan orang tua dalam mendampingi pasien anak, pendekatan verbal yang menenangkan, kontak fisik dan musik adalah metode non-farmakologis yang biasa digunakan untuk mengurangi kecemasan. Artikel ini akan membahas secara khusus contoh kasus pendekatan non-farmakologis dalam menangani pasien dengan dental anxiety

Karies gigi merupakan penyakit jaringan keras gigi yang dapat melibatkan satu atau lebih permukaan gigi dan dialami oleh semua golongan usia. Kerusakan gigi akibat karies atau trauma dapat mengakibatkan terganggunya fungsi optimalnya dan sangat mempengaruhi estetika. Untuk itu, diperlukan penanganan yang menyeluruh dalam perawatan rehabilitasi gigi yang sudah terkena karies.

Pasien wanita usia 46 tahun datang ke klinik pribadi dengan keluhan dua gigi anterior atas kirinya hilang karena pencabutan dan gigi taring kirinya rusak parah akibat karies (karies kompleks). Gigi anterior kanan atas juga mengalami karies parah pada seluruh permukaan gigi hingga berwarna kehitaman, sedangkan pada gigi anterior bawah kanan dan kiri juga mengalami kerusakan karies sedang (Gambar 1). Pasien merasa sangat terganggu dengan penampilannya dan kurang percaya diri. Pasien sangat membutuhkan perawatan gigi yang dapat mengembalikan bentuk dan fungsi giginya dan mungkin dapat menghilangkan gangguan psikologis yang telah lama dideritanya.

Pasien mengharapkan restorasi untuk gigi anteriornya yang dapat berfungsi dengan baik dan memperbaiki penampilannya, namun pasien sangat takut dengan suntikan dan suara bur gigi selama perawatan. Pasien memiliki trauma pada kunjungan ke dokter gigi. Dia sering mendengar informasi yang salah tentang dokter gigi ketika dia masih kecil. Dokter gigi mencoba meyakinkannya dengan mengatakan bahwa jarum yang digunakan sangat kecil, sehingga rasa sakitnya akan minimal. Dia masih menolak perawatan. Dokter gigi kemudian menyarankan untuk mendengarkan musik menggunakan earphone dan membiarkannya bermain game menggunakan handphone selama perawatan dan pasien setuju untuk melanjutkan perawatan. Selama seluruh prosedur gigi, perilaku dan gerakan tubuh pasien diamati.

Gigi 13, 12, 11, dan 23 dirawat dengan perawatan endodontik satu kali kunjungan dan restorasi fabricated post and core. Restorasi akhir yang dipilih adalah mahkota porcelain fused to metal pada gigi 13, 12 dan mahkota jembatan dengan bahan yang sama pada 11, 21, 22, dan 23 (Gambar 2). Beberapa gigi atas dan bawah juga dilakukan restorasi tumpatan komposit, sehingga berdasarkan rencana perawatan keseluruhan, dibutuhkan pendekatan khusus kepada pasien agar pasien dapat kooperatif selama perawatan dan dapat menyelesaikan perawatannya hingga tuntas.

Metode audiovisual telah dilaporkan menunjukkan perubahan perilaku yang positif dari reaksi sebelum penggunaan metode audiovisual. Metode ini memungkinkan penyelesaian perawatan gigi kompleks yang memiliki pengalaman perawatan gigi yang tidak menyenangkan, dengan penurunan ambang rasa sakit dan toleransi dan peningkatan tingkat kecemasan. Selain itu, metode ini juga mencegah ingatan yang tidak menyenangkan, kecemasan dan ketakutan antisipatif. Distraksi audiovisual yang digunakan dapat menjadi tambahan yang berguna di klinik gigi untuk membantu mengurangi kecemasan, ketidaknyamanan, kebosanan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan gigi.

Kecemasan dapat menimbulkan nyeri pada pasien yang tidak memiliki dasar patofisiologi. Misalnya nyeri pada preparasi gigi non-vital, ada kemungkinan pasien masih merasakan nyeri yang berlawanan dengan obat anestesi yang telah diberikan. Keadaan ini sangat erat kaitannya dengan tingkat ketakutan setiap pasien terhadap perawatan gigi. Karena subjektivitas individu, nyeri tidak dapat diklasifikasikan secara pasti, bukan psikologis atau reaksi jaringan terkait nyeri. Musik dikenal sebagai stimulan relaksasi non-formatif yang hemat, murah, efektif. Musik memiliki peran penting dalam pasien dengan kecemasan. Berdasarkan penelitian, musik memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala psikosomatis, kecemasan misalnya, dan dapat membuat pasien merasa nyaman dan aman. Musik dapat mengalihkan pasien dari rasa sakit, mengganggu siklus kecemasan dan ketakutan yang dapat meningkatkan reaksi rasa sakit, dan menyebabkan momen yang menyenangkan. Hal ini didukung oleh pelepasan endorfin yang menghasilkan efek paliatif. Dalam kasus ini pendekatan minimal invasif dan distraksi audiovisual untuk pasien dengan dental anxiety menghasilkan estetika yang sangat tinggi, untuk membuat pasien nyaman selama perawatan dan kepuasan di akhir perawatan.

Nama: Nanik Zubaidah, drg., M.Kes., Sp.KG(K)

Judul artikel: Interdisciplinary management of aesthetic and functional rehabilitation treatment in anterior teeth with dental anxiety : case report.

Link: http://www.jidmr.com/journal/wp-content/uploads/2021/07/56-M21_1398_Maria_Andisa_Mayangsari_Indonesia.pdf

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp