“WUACD Thematic Summer Programs: Dairy Cattle Business” Resmi Dibuka

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
“WUACD Thematic Summer Programs: Dairy Cattle Business” Resmi Dibuka. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Kegiatan World Universities Association for Community Development (WUACD) Thematic Summer Programs 2021 dengan tema Dairy Cattle Business resmi dibuka pada Selasa (03/08/2021). Program tersebut terselenggara atas kolaborasi tiga fakultas di Universitas Airlangga (UNAIR) yaitu Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

WUACD Thematic Summer Programs akan berlangsung dalam beberapa hari sampai tanggal 12 Agustus 2021 mendatang, dengan rincian kegiatan Dairy Health, Milking, and Housing Management (3 Agustus 2021) International Webinar, Feed Management and Dairy Workshop: Yoghurt Discussion (4 Agustus 2021) International Workshop, Technology and Business Development Topics (5 Agustus 2021) International Workshop dan Small and Medium Enterprises (SMEs) and final presentation (12 Agustus 2021) International Workshop.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si. wakil rektor bidang riset, inovasi dan community development menyampaikan Perguruan Tinggi memiliki peran dan tanggung jawab penting dalam pengembangan masyarakat, bukan hanya sebagai menara gading, dan semata-mata untuk menghasilkan tenaga kerja terlatih bagi lingkungan lokal maupun global.

“Mengajar tidak lagi hanya menjadi fokus utama pendidikan tinggi, sementara pengabdian masyarakat telah menjadi sangat dihargai sebagai tanggung jawab tambahan universitas selama beberapa tahun terakhir karena perubahan alam dalam masyarakat yaitu globalisasi, jaringan, hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat, pengembangan industri jasa dan produksi berbasis pengetahuan,” paparnya.

Berdasarkan data penelitian, didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemampuan untuk mengintegrasikan sumber daya yang ada, pendidikan tinggi dapat memainkan peran penting dalam pengembangan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup. Agar peran perguruan tinggi lebih efektif, sambungnya, perlu dibangun World Universities Association for Community Development (WUACD) untuk berkolaborasi dan mengkoordinasikan upaya untuk menjawab tantangan global, termasuk yang terkait dengan kemiskinan, kesehatan, ketimpangan, iklim, lingkungan, degradasi, kemakmuran, dan perdamaian dan keadilan di setiap belahan dunia seperti dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Melalui WUACD, universitas di seluruh dunia akan bekerja sama, bahu membahu kerjasama dan kolaborasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pengembangan masyarakat,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa fungsi utama WUACD adalah untuk membangun dan mengembangkan kerjasama dan kolaborasi antara Universitas Airlangga dengan universitas dan institusi yang berasal dari berbagai kebangsaan dan latar belakang akademis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi tantangan global yang terkait dengan kemiskinan, kesehatan, ketimpangan, perubahan iklim, lingkungan, perdamaian, dan keadilan sosial. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp