Enkapsulasi Minyak dan Asam Lemak yang Berfungsi sebagai Antibakteri

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Brankaspedia

Minyak atsiri merupakan komponen yang dapat diperoleh dari tumbuhan dan hewan yang memiliki berbagai aktivitas biologis seperti aktivitas antibakteri untuk berbagai penyakit. Beberapa aktivitas antibakteri diketahui berasal dari asam lemak tak jenuh kandungan dari minyak atsiri. Sejak lama, minyak atsiri dan komponen bioaktifnya telah digunakan dalam industri makanan untuk meningkatkan rasa dan stabilitas, mencegah pembusukan makanan, dan memperpanjang umur simpan. Namun karena berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh minyak atsiri seperti mudah menguap, tidak stabil terhadap panas dan cahaya, serta mudah menguap, maka perlinndungan minyak atisir dalam bentuk dienkapsulasi dalam sistem polimer sehinggadapat menjaga kestabilan minyak. Ulasan review ini berfokus pada sistem enkapsulasi minyak, lipid, dan asam lemak.

Teknik mikroenkapsulasi beragam seperti liofilisasi, teknik penguapan pelarut, gelasi ionik, pengeringan semprot, dan koaservasi. Berbagai minyak dan asam lemak termasuk minyak adas bintang, minyak jeruk manis, minyak omega, minyak esensial thyme, Minyak Atsiri Kayu Manis (CEO), Minyak Atsiri Babchi, Minyak Atsiri Cengkeh, Minyak Atsiri Satureja hortensis (SEO), dan Minyak Atsiri Perilla (PEO) dapat dienkapsulasi dan terlindungi stabilitasnya. Sifat fisik mikropartikel adalah morfologi, ukuran, efisiensi enkapsulasi, analisis termogravimetri, DSC dan kandungan asam lemak.

Kajian review ini berguna untuk menjadi salah satu database karakteristik fisik minyak dan asam lemak yang dapat dienkapsulasi dan memiliki aktivitas sebagai antibakteri untuk diteliti lebih lanjut sebagai obat dan kosmetik.

Penulis : Dewi Melani Hariyadi

Detil information can be accessed from below links:

 http://rasayanjournal.co.in/admin/php/upload/3251_pdf.pdf

Dewi Melani Hariyadi, Aldesra Fitri, Tutiek Purwanti, Tristiana Erawati, 2021

OILS AND FATTY ACIDS ENCAPSULATED IN MICROPARTICLES AS ANTIBACTERIALS: A REVIEW

Rasayan Journal of Chemistry, 2021

Volume 14, Issue 3, 2021, Pages 1680-1698

 http://rasayanjournal.co.in/admin/php/upload/3251_pdf.pdf

ISSN 0974-1496

 http://doi.org/10.31788/RJC.2021.1436483

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp