Otomatisasi Pencatatan Akuntansi Berbasis Software Zahir

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Zahir Accounting

Kemajuan teknologi informasi, Revolusi Industri 4.0, Society 5.0, dan Blockchain yang sangat progresif dan dinamis telah merambah berbagai sektor bisnis dan ekonomi termasuk pendidikan akuntansi.  Sehubungan dengan era informasi saat ini, sistem informasi akuntansi merupakan salah satu sistem yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengelola manajemen, pengolahan data administrasi dan keuangan.

Akuntansi dalam definisi umum adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pengolahan , dan menyajikan data, transaksi, dan peristiwa yang berkaitan dengan pembiayaan ke dalam laporan keuangan yang lengkap untuk digunakan dalam pengambilan keputusan dan tujuan ekonomi lainnya. Salah satu produk dari akuntansi adalah Laporan keuangan yang penting dibuat untuk melihat perkembangan perusahaan dari segi pengeluaran dan pendapatan. Sumber informasi yang dihasilkan oleh laporan keuangan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pemegang saham, kreditur, pemerhati ekonomi, dan pemerintah sesuai dengan kepentingannya masing-masing.

Sistem informasi akuntansi dalam mengolah data keuangan memerlukan database yang bersifat rahasia karena semua transaksi berkaitan dengan data ekonomi. Pemutakhiran informasi dan fokus pada software akuntansi yang dipelajari akan semakin meningkatkan pemahaman dan lebih bermanfaat dan memberi nilai tambah bagi peserta pengabdian masyarakat saat memasuki dunia kerja nyata. Kecemasan mahasiswa saat menggunakan komputer harus diperhitungkan dan diantisipasi. Hal ini dapat menurunkan minat mahasiswa untuk belajar, berlatih, dan menggunakan software akuntansi. Dalam bidang pencatatan akuntansi berbasis teknologi masih langka terutama pada kegiatan usaha menengah ke bawah atau yang sering disebut dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Peserta pengabdian masyarakat yakni mahasiswa diberikan pemahaman, keterampilan dan pengetahuan dalam penggunaan software akuntansi.

Berdasarkan hasil analisis permasalahan, maka hasil dan pembahasan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat dijelaskan sebagai berikut: Teknologi komputer telah banyak membantu manusia dalam mengatasi permasalahan yang terjadi antara lain bisnis dan akuntansi. Mempelajari software akuntansi mampu melakukan Analisis Rasio Keuangan untuk merinci pencapaian operasional perusahaan. Penyusunan laporan keuangan yang baik dibantu dengan software aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, akan menghasilkan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel

Akuntansi mengenal berbagai macam software dalam membantu proses transaksi. Software yang pernah dipelajari antara lain: Zahir, MYOB, dan Accurate. Pelatihan software akuntansi dilakukan oleh Program Studi Akuntansi Universitas Airlangga dengan menggunakan Zahir Accounting. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat proses transaksi, penerapannya dalam kasus, dan bagaimana proses pelaporan untuk pengambilan keputusan. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi yaitu presentasi konsep utama sistem informasi akuntansi dan kerja praktek. Pemahaman dan konsep software akuntansi harus didukung secara mendalam bagaimana sistem transaksi manual dalam proses akuntansi bekerja. Update informasi dan fokus pada software akuntansi yang sedang dipelajari akan semakin menambah pemahaman peserta dan lebih bermanfaat serta menambah nilai bagi peserta saat memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Penulis: Anak Agung Gde Satia Utama

Pembahasan secara lebih lengkap dapat dilihat dan diunduh pada laman berikut: https://internationaljournals.co.in/index.php/giirj/article/view/145/136

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp