HMA PSDKU UNAIR Banyuwangi Gelar Pelatihan Mendeley Software Training

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Potret kegiatan Mendeley Software Training oleh HMA PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Karya ilmiah adalah hasil karya yang diperoleh dari kegiatan menulis dengan menerapkan konvensi ilmiah. Karya ilmiah semakin berkembang seiring berjalannya waktu dan konvensi ilmiah semakin kompleks. Di lingkungan pendidikan terutama perkuliahan, karya ilmiah merupakan hal yang sangat populer dan dinilai sangat penting untuk menunjang kompetensi para civitas akademika.

Perkembangan zaman memunculkan berbagai teknologi yang dapat mempermudah dalam penyusunan karya ilmiah, salah satunya adalah aplikasi Mendeley. Mendeley adalah sebuah aplikasi atau piranti lunak yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah database ilmiah baik berupa skripsi, journal, e-book dan referensi lainnya, sekaligus membantu menemukan knowledge penelitian dan berkolaborasi secara online. Aplikasi ini berguna untuk pengelolaan sumber referensi yang diperlukan dalam penyusunan karya ilmiah.

Mendeley Software Training adalah salah satu program kerja dari Departemen Career Develompent Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi. Program kerja ini berbentuk pelatihan aplikasi Mendeley yang mana akan sangat membantu mahasiswa dalam mempermudah penyusunan karya ilmiah baik berupa skripsi, artikel, penelitian, dan lainnya. Meskipun dilaksanakan secara daring, antusias para peserta cukup tinggi atas terlaksananya acara (15/07/2021).

Dalam pelatihannya, acara ini mendatangkan pemateri langsung dari Perpusatakaan UNAIR Indah Rachma, Dewi Puspita, Ika Rudianto, Nurma Harumiaty. Pelatihan yang diselenggarakan ini, terbentuk menjadi empat kelas, dan masing-masing kelas berisi 15-20 mahasiswa dari seluruh Fakultas di PSDKU UNAIR Banyuwangi.

Acara yang berlangsung selama dua jam ini, cukup memberikan pegetahuan baru kepada para peserta yang membutuhkan pengetahuan mengenai sitasi dan referensi untuk publikasi sebuah karya ilmiah dan skripsi. Dalam materinya, pelatihan ini berisi materi tentang pengoperasian Mendeley dari awal (proses download & setting aplikasi, red) hingga proses pengoperasian dan pengaplikasian software dengan contoh karya ilmiah yang ada.

Sementara itu, kepada Tim UNAIR NEWS, Carla Fitriana Sukma selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan, serta hardskill mahasiswa PSDKU UNAIR Banyuwangi. Melihat banyak dari beberapa mahasiswa yang masih kesulitan untuk mengolah database dalam pengelolaan sebuah karya ilmiah.

Selanjutnya, mahasiswa yang biasa disapa Lala tersebut menambahkan terkait harapannya atas terselenggaranya acara, bahwa melalui kegiatan seperti ini diharapkan mampu membantu mahasiswa dalam proses pengerjaan karya ilmiah yang dibutuhkan dalam prosesnya di kehidupan kampus.

“Semoga seluruh materi dalam pelatihan dapat diserap dengan baik oleh para peserta, dan mampu membantu perolehan eksistensi UNAIR dalam proses perlombaan karya ilmiah dengan pengaplikasian materi yang telah disampaikan,” pungkasnya mengakhiri.

Penulis: Azka Fauziya

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp