Persiapkan Karir Masa Depan, DPKKA UNAIR Gandeng Bank Muamalat dalam Workshop AOCF

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi Pemaparan Materi Shape Your Future Without Limits oleh Anton Hendrianto (Foto: ss youtube)

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) UNAIR, kembali mengadakan workshop Airlangga Online Career Fair (AOCF) pada Selasa, (15/3/2022). Pada AOCF hari pertama, DPKKA gandeng salah satu perusahaan yang bergerak dibidang ekonomi syariah yaitu Bank Muamalat dengan mengusung tema Shape Your Future Without Limits.

Diawali dengan pernyataan “the difference between who you are and who you want to be is what you do”, Direktur Eksekutif Lembaga Muamalat, Anton Hendrianto menegaskan bahwa untuk mempersiapkan kesuksesan dimasa mendatang kuncinya adalah what you do.

“Pastikan bahwa saat baby step ini adalah what you do-nya sangat penting,” ujarnya.

Anton menambahkan bahwa dengan membentuk masa depan tanpa batas akan memberikan potensi yang besar terhadap kesuksesan. Tentunya tidak hanya individu yang dibentuk, melainkan organisasinya pula. Tak hanya itu, imbuhnya, seorang pejuang karir harus membekali dirinya dengan dua hal yang penting yaitu soft skills dan hard skills. Menurut Anton, kemampuan yang dimiliki oleh karyawan perusahaan sangat berpengaruh terhadap stage global.  

“Saat ini banyak perusahaan startup yang sudah global stage mereka go global karena kualitas sumber dayanya,” ungkapnya. 

Pada kesempatan tersebut Anton mengatakan bahwa hard skill yang perlu dikuasai di era saat ini yaitu digital proficiency, strategic planning, critical and analytic thinking, foreign languages proficiency. Ia menegaskan bahwa setiap individu harus selalu mengasah hard skill-nya untuk mengimbangi perubahan dunia industri yang sangat cepat. 

Strategic planning harus diasah karena industri kedepannya semakin tidak menentu, jika tidak memiliki strategic planning maka akan sangat sulit,” jelasnya.  

Tidak hanya hard skills, soft skills setiap individu juga perlu diasah. Soft skill tersebut meliputi leadership and collaboration, agility and adaptability, creativity, dan problem solving. Dalam kesempatan tersebut Anton mengatakan bahwa kreativitas sangat dibutuhkan oleh dunia industri untuk melihat celah dan peluang yang ada.

“Industri syariah membutuhkan teman-teman yang kreatif supaya bisa mengembangkan peluang yang ada,” tutur Anton.

Pada akhir, pemateri menegaskan bahwa soft skill dan hard skill harus ditingkatkan tanpa keterbatasan. Ia berpesan untuk selalu belajar dan belajar. “Teruslah belajar tanpa henti. Makanya saya bilang shape your future without limit. Tidak ada limit waktu anda untuk memperkuat dan mempertajam kemampuan, makanya teruslah belajar,” pungkasnya. 

Penulis: Indah Ayu Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp