Pemanfaatan Analitika Data untuk Pengembangan Berkelanjutan Sistem Transportasi Cerdas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto oleh Lee Kuan Yew School of Public Policy

Sistem Transportasi Cerdas di Kota Taichung, Taiwan

Smart mobility merupakan salah satu indikator pada smart city yang diwujudkan oleh sistem transportasi cerdas (Intelligent Transportation System, ITS), yaitu sistem transportasi publik yang ramah lingkungan dan berteknologi tinggi. Melalui teknologi, seperti kecerdasan buatan, big data analytics, dan Internet of Things, sistem transportasi dapat mengoperasikan armada secara dinamis dengan mempercepat waktu transit pada jam-jam sibuk dan menghemat energi di luar jam sibuk; mengintegrasikan beragam moda transportasi untuk memperluas konektivitas; dan mengurangi polusi lingkungan melalui informasi lalu lintas secara real time.

Salah satu kota di dunia yang telah memulai transisi menuju Intelligent Transportation System adalah kota Taichung di Taiwan.  Armada utama dalam kota yang dioperasikan saat ini adalah bis dengan sistem pembayaran elektronik. Jaringan bis kota Taichung terdiri dari 200 rute yang melayani rute dalam kota, perbatasan, dan rute antara kota Taichung dan daerah penyangga. Pengembangan armada selanjutnya adalah Taichung Mass Rapid Transit (MRT), kedua jenis armada tersebut berfungsi sebagai pegumpan (feeder) untuk jaringan transportasi nasional Taiwan High Speed Railway System (THSR).

Analitika Data dari Sistem Pembayaran Elektronik untuk Moda Transportasi Bis

Sistem pembayaran elektronik yang diterapkan pada jaringan bis di kota Taichung memungkinkan pengumpulan data demografis, rute transportasi, dan perilaku penumpang bis. Selanjutnya, data tersebut dianalisis untuk berbagai keperluan penyusunan kebijakan lalu lintas dan manajemen transportasi kota Taichung. Pada tahun 2015, terdapat 82.260.553 transaksi pembayaran tiket bis secara elektronik. Dari data tersebut, periode puncak penggunaan bis adalah pada musim dingin (November – Januari) dan peralihan dari musim panas ke musim gugur (Juni – September) dengan jumlah penumpang terbanyak adalah di bulan Desember.  Jumlah penumpang paling sedikit tercatat di bulan Juni.

Pembayaran elektronik pada jaringan bis kota Taichung terdiri dari empat tipe, yaitu (i) Taichung City Senior Card untuk penduduk berusia 65 tahun ke atas yang teregistrasi di kota Taichung, (ii) Other City/County Senior Card untuk penduduk berusia 65 tahun ke atas yang teregistrasi di luar kota Taichung, (iii) Half-fare card untuk anak-anak berusia 6 – 12 tahun, warga senior berusia 65 tahun ke atas yang tidak memiliki kartu senior, dan individu dengan disabilitas beserta pendampingnya, dan (iv) Full-fare untuk penumpang lainnya yang tidak memenuhi kriteria (i) – (iii). Secara keseluruhan, halte dengan jumlah penumpang terbanyak adalah halte stasiun Taichung. Berdasarkan tipe kartu yang digunakan, penumpang dengan jenis kartu senior card paling banyak turun di sekitar pasar tradisional, seperti stasiun Gancheng, Dongshi, dan pasar Yixin. Di peringkat selanjutnya, penumpang dengan senior card juga banyak turun di halte di sekitar rumah sakit dan department stores. Di sisi lain, penumpang dengan kartu selain senior card, paling banyak turun di halte di sekitar universitas, seperti National Taichung University of Science and Technology, Overseas Chinese University, and Providence University; halte di sekitar area perbelanjaan; dan halte di stasiun transfer.

Berdasarkan hari kerja dan hari libur, terdapat satu pola yang mencolok, yaitu banyak penumpang yang mengubah rute normalnya di hari kerja menjadi rute 151 di hari Jumat atau di hari kerja terakhir sebelum hari libur nasional. Rute 151 tersebut melewati stasiun-stasiun utama dan stasiun THSR Taichung. Stasiun THSR melayani rute perjalanan jarak jauh antar kota di Taiwan. Berdasarkan rute yang menghubungkan kota Taichung dengan daerah penyangga, rute yang paling banyak digunakan adalah rute menuju Miaoli county, Nantou county, dan Changhua county. Penentuan rute bis antar kota tersebut didasarkan pada statistik pergerakan penumpang dari daerah-daerah di sekitar kota Taichung.

Kesimpulan

Sistem pembayaran elektronik di jaringan bis kota Taichung dapat dianalisis untuk penentuan rute bis, identifikasi perubahan rute yang mengindikasikan perilaku penumpang, dan analisis lokasi tujuan penumpang. Hasil ini menjadi masukan bagi pemerintah kota Taichung untuk menyusun kebijakan lalu lintas dan manajemen transportasi. Contohnya adalah penentuan rute antara kota Taichung dan daerah-daerah penyangga yang didasarkan pada mobilitas tertinggi, penambahan armada bis pada periode puncak penggunaan bis, dan penyusunan kebijakan yang mendorong masyarakat untuk beralih ke sistem pembayaran elektronik.

Penulis: Ira Puspitasari, S.T., M.T., Ph.D.

Judul artikel jurnal   : Intelligent Transportation Systems in Smart Cities: Application to Taichung City Bus, Taiwan

Link artikel jurnal    : https://iads.site/intelligent-transportation-systems-in-smart-cities-application-to-taichung-city-bus-taiwan/

Link Scopus    : https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85110586273&origin=resultslist

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp