SCHOLAR UNAIR, Platform Baru Informasi Publikasi Riset

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Dengan mengucap Bismillah, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Community Development Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si secara resmi membuka soft launching SCHOLAR UNAIR pada Selasa (28/12/2021). Pembukaan tersebut menandai dihadirkannya suatu platform kompilasi bagi prestasi dan karya ilmiah dari seluruh civitas akademika UNAIR.

Prof. Nyoman dalam sambutannya menyebut kehadiran SCHOLAR UNAIR menjadi salah satu langkah promosi dan branding terbesar yang dilakukan Lembaga Inovasi Pengembangan Jurnal Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI). Apalagi, tahun 2021 total publikasi UNAIR menembus 10.106 dan sitasi 1.445.

“Banyaknya publikasi, karya tendik, serta prestasi lain itu harapannya bisa dikumpulkan dalam satu wadah, sehingga mudah diakses oleh setiap pihak di dalam maupun luar UNAIR,” jelas Prof. Nyoman.

SCHOLAR UNAIR sendiri akan berisikan profil peneliti, profil fakultas dan kelompok riset, output penelitian, peta kolaborasi universitas dan fakultas, serta berbagai capaian lain yang di-link dengan 17 pilar SDGs. Platform yang dikembangkan bersama Scopus dan Scival tersebut akan berfokus meningkatkan exposure dan impact dari karya ilmiah atau prestasi civitas akademika UNAIR.

SCHOLAR UNAIR memiliki kelebihan index change Google yang dapat meningkatkan visibilitas hasil karya peneliti dalam pencarian. Selain itu, terdapat penggunaan algoritma dengan presisi 99,9 prestasi yang digunakan untuk mengidentifikasi profil peneliti.

SCOLAR UNAIR juga akan memuat tampilan menu Covid-19 yang berisi profil, research output, serta research unit yang dimiliki UNAIR untuk meneliti dan berkontribusi pada penanganan pandemi.

Untuk itulah, Ketua LIPJPHKI Prof. Dr. H. Hery Purnobasuki, MSi., PhD. mengajak setiap pihak, khususnya fakultas untuk berpartisipasi mengisi dan meramaikan data publikasi pada SCHOLAR UNAIR. Ke depannya, tim promosi dan sitasi juga akan segera dibentuk di masing-masing fakultas.

Tim tersebut akan dihadirkan untuk menjembatani kebutuhan data antara fakultas dan LIPJPHKI. “SCHOLAR UNAIR ini lebih powerful dibanding branding-branding sebelumnya. Kami telah menyiapkannya sebagai amunisi, maka silahkan bagi bapak ibu di fakultas untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin,” ungkap Prof. Hery.

Dalam soft launching yang digelar secara daring lewat Zoom Meeting dan live streaming YouTube tersebut, turut hadir jajaran petinggi universitas, Dekan dan Wakil Dekan, serta tenaga pendidik lain yang siap meramaikan kehadiran SCHOLAR UNAIR. Untuk saat ini, laman SCHOLAR UNAIR sendiri dapat diakses pada alamat link https://scholar.unair.ac.id (*)

Penulis: Intang Arifia

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp