Bawang Hitam sebagai Peningkat Jumlah Sperma secara Alami

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto oleh Shape

Tingkat kesuburan reproduksi pria ditentukan oleh jumlah sperma yang dihasilkan. Sperma merupakan sel reproduksi pada pria yang nantinya akan membuahi sel telur. Jumlah sperma mengacu pada jumlah rata-rata sperma yang ada dalam satu sampel mani. Jumlah sperma merupakan faktor penting dalam kesuburan pria. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan jumlah sperma karena akan berpengaruh pada peluang kehamilan pasangannya. Beberapa faktor dapat meningkatkan produksi sperma, yaitu hormon yang digunakan untuk mengontrol produksi dan perkembangan sperma, pemberian bahan alam. Salah satu bahani alam yang dapat digunakan adalah  bawang hitam.

Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih segar yang disimpan pada suhu 60–70ºC selama 30–40 hari. Perubahan warna, tekstur, dan rasanya didapatkan dari proses fermentasi ini. Manfaat bawang hitam paling banyak didapatkan dari berbagai senyawa bioaktif di dalamnya yang memiliki sifat antioksidan, seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, dan s-allylcysteine (SAC). Selain itu, bawang hitam juga mengandung berbagai nutrisi, seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, serta vitamin C, B1, B2, B3, dan B6. Selain menangkal radikal bebas, antioksidan dalam bawang hitam juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan fungsi kognitif. Antioksidan adalah zat yang berperan dalam menunda, mencegah, atau menghilangkan kerusakan akibat proses oksidatif pada target molekuler. Antioksidan bertindak untuk menstabilkan radikal bebas dengan mendonorkan elektron sebagai reduktor sehingga dapat menghambat reaksi berantai. Keberadaan antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh baik dari sumber alami maupun sintetik. Antioksidan dari bahan herbal banyak digunakan karena diakui dapat memiliki efek sitotoksik dan efek samping yang lebih rendah daripada antioksidan sintetik. Beberapa senyawa yang dapat digunakan sebagai sumber antioksidan antara lain: fenolat, betalain, vitamin A, vitamin C, vitamin E, betakaroten, lutein, likopen, dan polifenol yang umumnya ditemukan. Salah satu bahan herbal adalah bawang putih yang difermentasi. Bawang putih yang difermentasi menunjukkan lebih banyak antioksidan kuat dibandingkan dengan bawang putih segar. Disamping manfaat tersebut bawang hitam juga diduga dapat digunakan untuk meningkatkan produksi sperma.

Penelitian yang dilakukan oleh Kurnijasanti, R dkk mengungkap efek antioksidan dari ekstrak bawang hitam  dalam proses spermatogenesis dan jumlah sel sertoli mencit (Mus musculus) yang terkena panas. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak bawang putih fermentasi (Allium sativum L.) dapat mempertahankan jumlah sel spermatogenik dan Sertoli. Pada mencit, setelah terkena panas pada suhu 40ºC dengan durasi 45 menit selama 54 hari dengan dosis optimum 250 mg/kg BB dalam meningkatkan jumlah sel spermatogenik dan sel sertoli. Bawang putih yang difermentasi mengandung senyawa antioksidan, termasuk polifenol, alkaloid, flavonoid, S-alil-sistein, dan produk antioksidan yang berasal dari Reaksi Maillard. Flavonoid adalah fenolik senyawa dan merupakan salah satu metabolit sekunder pada tumbuhan yang berfungsi sebagai sumber antioksidan dan dilaporkan bahwa selama proses pembuatan Fermentasi bawang putih (Bawang Hitam), kadar antioksidan ini meningkat. Kesimpulan menarik dari penelitian ini adalah bahwa bawang hitam (Bawang putih fermentasi)  merupakan salah satu herbal yang dapat dikembangkan dalam dunia kesehatan terutama sebagai peningkat jumlah spermagenik dan sei sertoli secara alami.

Penulis: Dr. Rochmah Kurnijasanti, drh., M.Si.

Link Jurnal: https://repository.unair.ac.id/104842/

Judul Jurnal: ANTIOXIDANT POTENTIAL OF FERMENTED GARLIC (Allium sativum L.) ON SPERMATOGENIC AND SERTOLI CELLS COUNT OF MICE (Mus musculus) EXPOSED TO HEAT

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp