Tingkatkan Minat Masyarakat Indonesia pada Pets Animal

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Dalam era Pandemi COVID-19 ini, segala kebiasaan di Dunia berubah. Mulai dari  berkehidupan sosial sehari-hari, ekonomi, pendidikan, hingga ekosistem lingkungan.  Maraknya masyarakat kini yang hobi memelihara hewan seperti pets animals, dianggap  sebagai tindakan untuk menghibur diri dan keluarga di tengah Pandemi. Pengendalian  dan penanggulangan penyakit asal hewan termasuk dalam rangkaian berpartisipasinya  Dokter Hewan dalam One Health.  

Sejak jaman dahulu kala, hewan kesayangan seperti Anjing maupun Kucing  dikenal sebagai sahabat sejati manusia selain manusia itu sendiri. Beberapa mengatakan,  bahwa hewan-hewan tersebut adalah keluarga bagi mereka, bukan lagi hanya sekedar  sahabat. Di era yang sangat berkembang sekarang membuat banyak masyarakat lebih  menghargai dan menyayangi hewan yang terlantar dijalanan. 

Selain hal-hal tersebut diatas, hewan kesayangan sendiri juga sangat berperan  dalam dunia psikiatri untuk pengobatan geriatrik. Diantaranya adalah menjadi Animal  Asisted Therapy yang ternyata dapat mengajarkan manusia untuk meningkatkan harga  diri individu, dan dapat membantu bersosialisasi satu sama lain. Untuk masalah yang  dihadapi disini adalah adanya resiko Infeksi hewan ke manusia serta harus dilakukan  dengan didampingi oleh Dokter Hewan.

Dalam era pandemi COVID-19 sendiri banyak sekali masyarakat yang  membutuhkan hiburan dirumah dikarenakan adanya PPKM, Pembatasan Berpergian,  serta banyaknya aturan keluar masuk wilayah, sehingga membuat banyak sekali  masyarakat yang bagaimana caranya tetap nyaman, betah dirumah bersama anak-anak  dan keluarga mereka. Salah satu yang marak dilakukan adalah mengadopsi hewan  peliharaan. Menciptakan aktivitas-aktivitas positif salah satu hal terbaik yang bisa  dilakukan saat pandemi ini. 

Lalu bagaimana dengan Zoonosis sendiri? Zoonosis sendiri ialah penyakit  menular dari hewan ke manusia, serta sebaliknya. Selain zoonosis sendiri sebenarnya ada  beberapa penyakit yang bisa menular ke manusia contohnya seperti terjadinya ruam kulit.  Peran Dokter Hewan di Indonesia sendiri sangat diperlukan dalam aspek-aspek seperti  ini contohnya: Sebagai garda terdepan, memastikan makanan dan minuman serta produk  pangan asal hewan lainnya ASUH, serta terstandarisasi, selain itu dalam aspek lain seperti  Pets Animals, tugas Dokter Hewan adalah juga mengedukasi masyarakat, memberikan  arahan serta jawaban yang tepat bila ada permasalahan yang muncul dari klien mengenai  hewan peliharaannya.  

Banyak sekali hal-hal yang wajib Pet Owner ketahui dalam memelihara hewan  kesayangan dirumah. Hal-hal tersebut dapat banyak dikonsultasikan pada Dokter Hewan,  agar menjadi Pet Owner yang cerdas serta memahami informasi terkini untuk  menghindari terjadinya penularan penyakit yang sebenarnya dapat dicegah. Potensi  masalah kesehatan masyarakat dan ancaman pandemi beberapa zoonosis ini dikatakan  oleh Dr. John Weaver dari Australia Indonesia Health Security Program (AIHSP), untuk 

mencegah kejadian tersebut harus ada penguatan dan keseimbangan untuk semua sektor  terkait yakni kesehatan masyarakat, kesehatan hewan juga kesehatan lingkungan. 

Penulis: Miladhiyah Nabila Ramadhanty_062024253003_Mahasiswi S2 Prodi Ilmu  Penyakit dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan  Universitas Airlangga 

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp