Pemanfaatan Laser untuk Terapi Akupunktur

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation atau LASER merupakan suatu perangkat yang menghasilkan pancaran radiasi elektromagnetik yang koheren, intensitas tinggi serta memiliki lintasan yang lurus. LASER banyak digunakan dalam berbagai bidang dengan tujuan yang berbeda-beda, dalam bidang kesehatan dapat digunakan untuk memotong organ tubuh pada saat khitan anak laki-laki, terapi penglihatan, pengobatan kanker, perawatan gigi dan mulut, serta masih banyak lagi manfaat yang bisa dihasilkan dari LASER. 

Gambar 1. Pembukaan Acara Pengabdian Kepada Masyarakat

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, Departemen Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga memperkenalkan salah satu hasil penelitiannya dalam bidang pemanfaatan LASER untuk kesehatan kepada Dokter dan Tenaga Kesehatan di PT. Petro Graha Medika Klinik Satelit Kalimantan Gresik. PKM yang diketuai oleh Winarno, M.T. ini berusaha untuk memperkenalkan produk penelitian UNAIR yang dapat dimanfaatkan oleh Dokter untuk membantu dalam penanganan pasien. Kegiatan ini juga menghadirkan Prof. Dr. Suryani Dyah Astuti, M.Si. dan Prof. Dr. Ir. Suhariningsih sebagai nara sumber yang merupakan peneliti dalam pengembangan aplikasi LASER untuk kesehatan. Salah satu produk yang telah dihasilkan melalui penelitian tersebut adalah Dentolaser, yang merupakan perangkat portable berbasis LASER untuk terapi gigi dan mulut serta kesehatan.

PKM ini dihadiri kurang lebih 13 peserta yang terdiri dari Dokter dan Tenaga Kesehatan. Acara dimulai dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Airlangga, sambutan ketua panitia dan pimpinan klinik, materi inti, penyerahan bantuan dan penutup. Pada saat acara inti, yaitu penjelasan tentang produk Dentolaser dan Akupunktur para peserta sangat antusias dan tertarik dengan materi yang telah disampaikan oleh nara sumber. Suasana diskusi dan tanya jawab menjadi lebih hidup, beberapa peserta terlibat diskusi secara langsung tentang materi dan juga pengalaman selama praktik di klinik. 

Gambar 3. Penyerahan Bantuan Kegiatan PKM

Panitia PKM menyumbangkan satu unit Dentolaser kepada klinik dan beberapa paket Alat Pelindung Diri (APD) dengan harapan dapat menunjang aktivitas layanan kepada masyarakat. Jajaran pimpinan klinik melalui Dokter Munir menyampaikan terima kasih kepada tim PKM UNAIR yang telah berbagi ilmu pengetahuan antara kampus dengan klinik, dan berharap kegiatan seperti ini dapat terus berjalan di masa-masa yang akan datang. Di akhir acara dilakukan sesi foto bersama dan ramah tamah. Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar dan sukses.

Penulis: Winarno, M.T

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp