Rektor Dorong Pejabat Administratur Kampus Lakukan Transformasi ke Arah Research University

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak membuka rapat yang bertempat di Ballrom Hyatt Regency Yogyakarta pada Sabtu (11/12/2021). (Foto: Bastian Ragas)

UNAIR NEWS – Menjelang akhir tahun 2021, Universitas Airlangga mengadakan rapat dan refleksi akhir tahun yang dihadiri oleh pejabat administrasi dan pengawas. Rapat itu antara lain dihadiri oleh seluruh kepala bagian (kabag) dan kepala sub-bagian (kasubag) yang ada di fakultas, serta kepala seksi (kasi) dan kepada sub-direktorat (kasubdit) yang ada di kantor manajemen.

Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak membuka rapat yang bertempat di Ballrom Hyatt Regency Yogyakarta pada Sabtu (11/12/2021). Rektor mengungkapkan bahwa saat ini proses transformasi di bidang pendidikan mengalami perubahan yang sangat signifikan. Untuk itu, pihaknya mendorong seluruh peserta untuk mendukung proses transformasi administrasi menuju digital.

“Kita harus melakukan banyak transformasi. Dari yang dulunya pekerjaan dilakukan seratus persen manual, kini menjadi terdigitalisasi yang komposisinya bisa mencapai 50:50. Tugas kita dan Bapak Ibu semua men-support proses itu dengan sebaik-baiknya,” ucap Rektor.

Selain melakukan transformasi administrasi ke arah digital, Rektor juga mengimbau peserta untuk mendukung kegiatan pengembangan riset di kampus. Sebab saat ini, UNAIR dalam proses transformasi menuju research university.

“Artinya, kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan, riset, dan inovasi menjadi kegiatan yang mendominasi,” ucap Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR itu.

Foto: Andi Pramono

Universitas, lanjut Rektor, saat ini sudah mengalami banyak perubahan. Dari yang dulu menjadi agen pembelajaran, kini menjadi agen dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) atau agen penelitian. “Mari kita selalu beradaptasi dan menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan,” terangnya.

Pada akhir, Rektor mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama menjadi orang yang bermakna, men-support penuh kegiatan warga kampus. Hal itu agar cita-cita bersama UNAIR menjadi perguruan tinggi terkemuka di dunia, sekaligus pelopor perkembangan IPTEK dan humaniora menjadi kenyataan.

Salah satu peserta yang aktif dalam rapat mendapatkan doorprize yang diberikan oleh Ketua Senat Akademik UNAIR Prof. Djoko Santoso, dr., Sp.PD-KGH., Ph.D. (Foto: Andi Pramono)

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta mengungkapkan pentingnya dilakukan rapat refleksi akhir tahun. “Rapat refleksi akhir tahun seperti ini sangat penting untuk menjadikan kita melakukan evaluasi diri di tahun yang telah berjalan. Dan tentunya untuk menata kembali, serta merencanakan perbaikan-perbaikan ke arah yang lebih baik untuk mewujudkan cita-cita organisasi,” kata Kepala Tata Usaha Fakultas Vokasi Sri Suprabaningrum. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp