Kembangkan Website untuk UMKM dilakukan oleh Dosen Vokasi UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi by JMC IT

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Glagah merupakan UMKM yang menopang perekonomian masyarakat desa. UMKM tersebut menghasilkan beberapa prodik seperti pecel pitik, kripik singkong, kue bakiyak, ladrang, pia glenmore, tape buntut, kopi dan banyak lagi makanan khas Banyuwangi. Namun dalam prakteknya, pemasaran produk hasil UMKM masih tradisional yaitu dengan menjualnya di toko-toko sekitar Desa Glagah. Akibatnya produk UMKM tidak dapat dijual secara lebih luas lagi diluar Kabupaten Banyuwangi.

Dr. Bambang Suharto, S.ST., M.M.Par., sebagai ketua kegiatan pelaksana pengabdian kepada masyarakat memberikan solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan kegiatan “ PKM Peningkatan Kapasitas Desawisata Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Glagah Kabupaten Banyuwangi ”. Kegiatan ini merupakan salah satu usaha UNAIR  untuk mendukung Sustainable Development Goals terkait pendidikan bermutu.

Langkah awal merupakan kunjungan dan diskusi dengan perangkat desa dan beberapa UMKM yang ada di Desa Glagah serta menyiapkan kebutuhan pelatihan yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pengmas) ini. Melalui kegiatan ini, kolaborasi dosen Vokasi UNAIR mengembangkan sebuah laman website untuk meningkatkan kapasitas pemasaran UMKM sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat desa.

Website memang penting untuk UMKM. Terlebih lagi, website yang bagus secara SEO. Anda bisa mengoptimalkan website dengan konten berkualitas, bisa gunakan jasa penulis artikel SEO dari Sobat Penulis.

Sanusi Marhaedi selaku mitra pengmas memberikan respon positif dengan mengembangkan laman website ini. Menurutnya laman website akan membantu mempublikasikan dan mempromosikan produk-produk UMKM secara online dan luas.

Dalam penggunaan laman website, tim pelaksana kegiatan pengmas melakukan sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2021. Sosialisasi diberikan kepada para pemilik UMKM di Desa Glagah. Materi-materi yang diberikan terkait dengan fitur-fitur website seperti cara mendesain website, mengisi konten-konten di website serta cara mendesain produk agar terlihat menarik. Selain itu, kami menyarankan agar website yang dihasilkan dapat berkembang sesuai dengan keinginan para pemilik usaha UMKM. Kegiatan itu terlaksana dengan lancar dan dukungan penuh dari peserta yang banyak memberikan saran pada desain pengembangan halaman website yang telah dibuat.

Penulis : Dr. Bambang Suharto, S.ST., M.M.Par. dan tim pengmas

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp