Komentar Tentang Artikel Penanganan Nyeri Area Oksipital dengan Menggunakan Endoskopi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto by Klinik Lamina

Occipital Neuralgia (ON) dapat mengganggu pasien dari ketidaknyamanan ringan ke rasa sakit parah yang mengganggu kualitas kehidupan. Nyeri pada ON memancar sesuai dengan distribusi akar saraf leher bagian atas. Kondisi ini mungkin terkait dengan riwayat trauma sebelumnya. Keluhan pada ON secara subyektif dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang sangat berat. Terapi awal pada pasien dengan ON adalah konservatif. Seringkali gejala akan menurun atau menghilang setelah istirahat dan terapi dengan panas, obat anti-inflamasi, dan pelemas otot. Nyeri juga dapat dikurangi dengan antikonvulsan oral, obat-obatan seperti carbamazepine dan gabapentin. Pasien dengan gejala persisten dapat diobati dengan suntikan perkutan anestesi dan obat steroid. Blok saraf tidak hanya dapat digunakan sebagai diagnostik, tetapi juga dapat digunakan sebagai terapi yang dapat memberikan penghilang rasa sakit.

ON yang tidak membaik dengan pengobatan konserfatif sulit dapat disebabkan karena memiliki berbagai gejala yang bervariasi, perbedaan dalam temuan bedah, dan kondisi pasca operasi. Pilihan operasi untuk ON adalah dengan memotong ganglion akar dorsal sensorik dari C2 atau C3. Pada beberapa pasien, ganglionektomi area leher dapat memberikan penghilang rasa sakit yang sangat baik (95%) di jangka pendek (<3 bulan), tetapi 40% pasien dapat mengalami rasa sakit yang cukup terus-menerus dalam waktu yang lama. Nyeri masih dapat tetap ada meskipun oleh beberapa modalitas pengobatan, mulai dari obat-obatan ke injeksi anestesi lokal ke titik yang dirasakan sangat nyeri. Hal ini menyebabkan penulis untuk menawarkan pasien stimulasi saraf oksipital (ONS), meskipun seringkali pasien tidak menerimanya.

Teknik yang digunakan untuk pasien dalam artikel tersebut adalah C2 ganglionectomy. Prosedur ablatif pada ganglion telah terbukti memberikan hasil yang memuaskan. Penulis menyoroti penggunaan pendekatan endoskopi untuk ganglionektomi C2. Pendekatan endoskopi untuk pengobatan nyeri pada area ini juga telah dilaporkan sebelumnya. Percutaneous full-endoscopic C2 ganglionectomy memiliki kelebihan seperti bidang visual yang diperbesar, pencahayaan dan visualisasi yang sangat baik, mengurangi trauma terkait operasi, mengurangi pendarahan, dan sebagainya. Ini adalah teknik bedah alternatif yang memiliki manfaat besar dan hasilnya menunjukkan bahwa persentase keberhasilan dalam menghilangkan rasa sakit lebih besar dibandingkan dengan pengobatan secara konservatif.

Penulis: Achmad Fahmi

Informasi detail dari penelitian ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

https://academic.oup.com/ons/article-abstract/21/6/E472/6312056

Fahmi A, Utama AS, Subianto H, Turchan A. Commentary: Percutaneous Full-Endoscopic C2 Ganglionectomy for the Treatment of Intractable Occipital Neuralgia: Technical Note. Oper Neurosurg (Hagerstown). 2021 Sep 15;21(4):E397-E398. doi: 10.1093/ons/opab248. PMID: 34270774.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp