KKN-BBM UNAIR Ke-65 Fokus Empat Bidang Unggulan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNAIR Dr. Gadis Meinar Sari, dr. M.Kes saat memberikan sambutan overview KKN-BBM UNAIR ke-65.

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR)kembalimenyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) ke-65 pada awal tahun 2022 mendatang. KKN kali ini akan diselenggarakan dari tanggal 17 Januari 2022 hingga 12 Februari 2022.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNAIR Dr. Gadis Meinar Sari, dr. M.Kes meturukan bahwa  pelaksanaan  KKN-BBM menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 . Program KKN-BBM nantinya akan dilaksanakan secara daring (online) dan luring (offline).

“KKN akan tetap menegakkan protokol kesehatan yang ketat dan mahasiswa harus mendapatkan izin dari orang tua atau wali apabila ingin melakukan kegiatan KKN secara offline,” terangnya.

KKN-BBM ke-65 akan menawarkan wahana-wahana yang perlu mendapatkan pendampingan atau bantuan dari mahasiswa-mahasiswa untuk pendekatan kepada masyarakat di wilayah Kota Surabaya. UNAIR akan menawarkan wahana pesantren dan wahana lain di wilayah Kota Surabaya.

“Nantinya, LPPM UNAIR akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait khususnya Pemerintah Kota Surabaya, terutama dari program PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, Red),” lanjutnya.

Pada Pembekalan KKN-BBM ke-65, Tim LPPM UNAIR akan menghadirkan empat narasumber. Mereka akan menyampaikan contoh-contoh materi yang bisa dilaksanakan atau diterapkan pada program kerja KKN mahasiswa.

Empat materi tersebut merupakan empat bidang unggulan KKN yaitu bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Topik tentang kesehatan mengenai stunting akan disampaikan oleh Prof. Dr. Sri Sumarmi, S.K.M., M.Si.

“Program stunting merupakan program titipan juga dari BKKBN dan juga pemerintah melalui sekretariat wakil presiden bahwa penurunan angka stunting pun bisa diupayakan atau dibantu oleh mahasiswa,” jelasnya.

Topik mengenai pendidikan akan disampaikan oleh Ibu Yuni Sari S.S., M.A., Ph.D. Materi yang disampaikan seputar peningkatan wawasan tentang bahasa internasional atau bahasa Inggris. Selain itu, mahasiswa UNAIR juga dapat menerapkan program kerja lain di bidang pendidikan seperti program pemberantasan buta aksara.

Topik lingkungan akan disampaikan oleh Dr. rer. nat. Ganden Supriyanto Dipl. EST., M.Sc. yang menyampaikan materi tentang pengolahan limbah. Topik terakhir yaitu topik pemberdayaan ekonomi masyarakat akan disampaikan oleh Dr. Imron Mawardi SP., M.Si. yang akan menyampaikan materi tentang program pemberdayaan masyarakat melalui UMKM dan lain-lain.

“Kegiatan KKN ini, mohon dukungannya untuk mengambil topik 17 goals Sustainable Development Goals (SDGs). Mohon dicantumkan kegiatan-kegiatan Anda yang berkaitan dengan dengan salah satu dari 17 goals SDGs tersebut,” harapnya. (*)

Penulis :  Sandi Prabowo

Editor  :  Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp