FPsi UNAIR Berikan Pelatihan Pengelolaan Stress pada Tenaga Kesehatan dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
FPsi UNAIR Berikan Pelatihan Pengelolaan Stress pada Tenaga Kesehatan dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. (Foto: SS Zoom)

Sejak munculnya kasus COVID-19 di Indonesia pada Maret 2020, tenaga kesehatan adalah garda terdepan penanganan COVID-19 di Indonesia yang harus berjuang di tengah pandemi. Peningkatan kasus COVID-19 yang diakibatkan oleh varian delta pada Juli 2021 lalu juga menyebabkan tenaga kesehatan mengalami kewalahan akibat melonjaknya pasien serta kurangnya sumber daya dan fasilitas yang tersedia di Rumah Sakit.

Selama hampir dua tahun bekerja tanpa henti untuk menjalankan pelayanan kepada masyarkat untuk mengani pandemi, tidak sedikit tenaga kesehatan Indonesia yang gugur dalam perjuangan karena terinfeksi virus COVID-19. Selain hal itu, kondisi pandemi dan tuntutan profesi ini juga menyebabkan tenaga kesehatan mengalami kelelahan akibat dari sumber stres yang dihadapi oleh para tenaga kesehatan selama masa pandemi COVID-19 yang dapat mempengaruhi pekerjaan dan kehidupan personal.

Sebagai respon dari keadaan yang dialami oleh tenaga kesehatan di lapangan, Fakultas Psikologi UNAIR mengadakan webinar untuk memberikan pengenalan singkat terkait pengelolaan stress dengan teknik brief mindfulness yang diharapkan dapat meningkatkan kesehatan mental para tenaga kesehatan selama pandemi COVID-19. 

Kegiatan webinar ini sekaligus sebagai program pengabdian masyarakat dari Fakultas Psikologi UNAIR yang dilaksanakan pada Senin (25/10/2019) yang dilakukan melaui zoom meeting dengan 50 tenaga kesehatan di Surabaya meliputi dokter, perawat, bidan, apoteker, psikolog, kesehatan masyarakat dan tenaga laboratorium medik. Narasumber webinar adalah tiga orang dosen dari Kelompok Kajian Kesehatan Mental Masyarakat, yaitu Dian Kartika Amelia Arbi, M.Psi., Psikolog, Atika Dian Ariana,. S.Psi., M.Sc dan Sukma Rahastri Kanthi, S.Psi. Webinar dibuka oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Psikologi UNAIR, Endang R. Surjaningrum.

“Semoga dengan pengenalan tentang mindfulness ini dapat bermanfaat tidak hanya sekarang pada saat menghadapi pandemi, tetapi juga untuk menghadapi kondisi-kondisi yang lain di masa depan atau dapat diajarkan juga kepada keluarga, rekan kerja dan pasien yang dapat membantu mengelola dan mengurangi kecemasan atau stres” ucap Endang R. Surjaningrum dalam sambutannya.

Menurut Ketua Pelaksana, Dian Kartika Amelia Arbi, M.Psi., Psikolog, fokus webinar tahun ini adalah memberikan pengenalan terkait teknik mindfulness yang dapat dengan mudah diterapkan oleh tenaga kesehatan di tengah-tengah kesibukan bekerja dan menghadapi pasien selama masa pandemi COVID-19. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan psikologis tenaga kesehatan.

Antusiasme peserta dalam mengikuti webinar terlihat pada sesi diskusi di mana banyak peserta yang mengajukan pertanyaan terkait pengelolaan stres dan teknik mindfulness yang dikenalkan. Pada kegiatan ini peserta juga diajak untuk mempraktekan bagaimana melakukan mindfulness sebagai teknik pengelolaan stres. Untuk mengetahui efektif atau tidaknya kegiatan webinar ini, tim dosen melakukan monitoring dan evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Hasil analisis data pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan literasi kesehatan mental dan brief mindfulness yang signifikan dari peserta pelatihan, khususnya terkait materi yang disampaikan dalam kegiatan webinar ini.

Penulis: Tim Pengmas FPsi

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp