LIPJPHKI Dorong Civitas Akademika UNAIR untuk Meningkatkan Publikasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ketua LIPJPHKI Prof. Hery Purnobasuki saat memberikan sambutan pada Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi bagi mahasiswa S1 dan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi pada Jurnal dan Prosiding Terindeks Scopus bagi Mahasiswa S2 dan S3. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) Universitas Airlangga berkomitmen terus berinovasi untuk kemajuan kampus tercinta. Sesuai dengan motto LIPJPHKI Salam Inovasi, Salam Publikasi, Salam Menulis pada 23-25 November LIPJPHKI menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi bagi mahasiswa S1 dan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi pada Jurnal dan Prosiding Terindeks Scopus bagi Mahasiswa S2 dan S3.

Bertempat di Harris Hotel dan Convention Gubeng, Surabaya setiap fakultas mengirimkan 5 orang perwakilan untuk masing-masing workshop.

Ketua LIPJPHKI, Prof. H. Hery Purnobasuki, Drs. M.Si., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa publikasi menjadi salah satu faktor penting dalam penilaian kampus. UNAIR sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, lanjutnya, berupaya untuk menghadirkan publikasi berkualitas dan terindeks.

“Dalam kurun beberapa tahun terakhir, UNAIR terus beranjak ke posisi teratas dalam hal publikasi baik dalam skala nasional maupun internasional. Saat ini rangking publikasi UNAIR berada pada posisi ke-4 di Indonesia,” papar Prof. Hery.

Hal ini, sambungnya, menjadi bukti bahwa kualitas publikasi dan inovasi civitas akademika UNAIR terus membaik. Beberapa tahun terakhir, tandasnya, kami masih berfokus pada dosen dan mahasiswa S2 dan S3 untuk menggenjot angka publikasinya. Namun saat ini, mahasiswa tingkat S1 juga dapat berkontribusi melakukan publikasi.

“Tidak jarang hasil skripsi mahasiswa UNAIR juga dapat menembus scopus,” ungkap Prof. Hery.

Lebih lanjut, Guru Besar Fakultas Sains dan Teknologi (FST) itu menyebut bahwa ini baru batch pertama tetapi antusiasme peserta sangat tinggi. Semoga akan ada batch-batch selanjutnya pada tahun mendatang, dan akan menjadi agenda rutin tahunan bidang LIPJPHKI.

“Selain publikasi jurnal, LIPJPHKI juga memfasilitasi civitas untuk melakukan penerbitan dan hak kekayaan intelektual. Mahasiswa yang memiliki karya tulis seperti novel, buku dan sebagainya dapat mengajukan kepada kami untuk dibantu dalam hal publikasi,” ujar Prof. Hery.

Pada akhir sambutannya, Prof. Hery berharap agar perwakilan masing-masing fakultas ini dapat menjadi leader dan contoh untuk sesama mahasiswa, sehingga iklim publikasi di UNAIR terus menjadi tren yang diminati.

“LIPJPHKI siap membantu dalam segala hal publikasi karya mahasiswa, dosen dan civitas akademika UNAIR. Bersama mendukung UNAIR menuju top 100 dunia,” pungkasnya.

Penulis : Muhammad Suryadiningrat

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp