FKH UNAIR Bersama Dinas Pertanian Pulang Pisau Tingkatkan Kemampuan SDM Petugas Lapang

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tim FKH UNAIR Bersama Peserta Pengmas Desa Garantung, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Peningkatan populasi dan produktivitas ternak sangat diperlukan dalam usaha swasembada daging. Hal tersebut dapat dicapai dengan pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) dan penanganan kesehatan ternak yang tepat. 

Tingkat keberhasilan    IB dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah keterampilan dan kemampuan inseminator. Sedangkan berbagai penyakit yang dapat menyerang ternak akan mempengaruhi peningkatan populasi ternak. Masalah penyakit yang sering terjadi sangat berdampak terhadap ekonomi peternak yang menyebabkan penambahan berat badan ternak yang lambat, bahkan menyebabkan kematian hewan ternak. 

Populasi ternak per tahun di Kabupaten Pulang Pisau sangat fluktuatif, sehingga sangat diperlukan usaha untuk dapat mendukung peningkatan populasi ternak disana. Oleh karena itu tim pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga melakukan kegiatan pelatihan IB dan penanganan Kesehatan ternak di Kabupaten Pulang Pisau bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pulang Pisau, Kalimantan Tengah pada 12 – 15 Oktober 2021. 

Kegiatan tersebut diketuai oleh Dr. Sunaryo Hadi Warsito, drh., MP., bersama anggotanya yang terdiri dari tim dosen yaitu Prof. Dr. Herry Agoes Hermadi, drh., M.Si. dan Dr. Nanik Hidayatik, drh., serta tim mahasiswa yaitu Gogik Satrio Margo Utomo, drh., M.Vet dan Yusac Kristanto Khoda Waruwu.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemberian materi dan praktek lapangan. Praktek lapangan dilakukan di Desa Garantung, Kecamatan Maliku, yang dilakukan sebelum menyampaikan materi agar dapat diketahui terlebih dahulu kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh petugas yang nantinya akan dibahas pada saat diskusi bersama setelah penyampaian materi. Selanjutnya, kegiatan penyampaian materi dilakukan di aula Dinas Pertanian Pulang Pisau.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan Pengmas dari FKH UNAIR ini nantinya bisa membawa perbaikan terhadap SDM di lapangan untuk lebih meningkatkan keberhasilan dalam peternakan sapi”, ujar Bapak Yudadi, S.Hut. selaku perwakilan Dinas Pertanian Pulang Pisau. 

Materi yang disampaikan pada penyuluhan ini yaitu teknik Inseminasi Buatan dan kasus kesehatan ternak yang disampaikan oleh Prof. Dr. Herry Agoes Hermadi, drh., M.Si. Beliau menyampaikan materi terkait organ reproduksi betina, pengenalan tanda birahi pada ternak sapi, pelaksanaan Teknik IB yang tepat, pemeriksaan kebuntingan dan penanganan kelahiran.

Penulis : Sunaryo Hadi Warsito, Herry Agoes Hermadi, Nanik Hidayatik.

Editor : Muhammad Suryadiningrat, Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp