Kembar Siam Torakoomfalopagus: Serial Kasus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto oleh iStock

Kembar siam adalah kelainan perkembangan selama masa kehamilan yang masih tidak diketahui penyebab pastinya. Kelainan ini juga sering disertai dengan penyatuan organ-organ dalam lain dari kedua pasien yang mengalami kembar siam tersebut, hal ini mengakibatkan gangguan hemodinamik. Meskipun termasuk kasus yang sebenarnya jarang terjadi, tingkat mortalitas pada kasus ini mencapai angka yang sangat tinggi. Tingkat kerumitan dari kelainan kongenital yang meyertai merupakan faktor penting yang berkontribusi dalam angka kematian pasien kembar siam.

Total pasien sebanyak 9 pasang kembar siam selama Januari 2017 hingga September 2020. Dua pasang menjalani operasi pemisahan kembar siam setelah melalui diskusi multidisiplin yang melibatkan banyak ahli di setiap displin ilmu kedokteran. Beberapa pasien lain yang diputuskan untuk tidak menjalani operasi pemisahan dikarenakan kelainan jantung yang diderita oleh pasien-pasien tersebut dinilai terlalu kompleks sehingga operasi dirasa bukanlah jalan terbaik untuk pasien-pasien tersebut.

Kelainan yang paling sering dialami oleh tipe kembar siam torakoomfalopagus antara lain adalah penyatuan dari kantong perikardium serta adanya penyatuan satu atau lebih dari ruang jantung. Beberapa pemeriksaan dapat dilakukan untuk mengenali kelainan jantung bawaan. Beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan selama proses pemisahan kembar siam antara lain urutan pemisahan, pembagian organ penting pada kedua pasien, teknik operasi aseptik, rekonstruksi dari organ yang mengalami kelainan dan serta penutupan defek dari dinding dada dan abdomen.

Beberapa faktor lain yang tidak disebutkan di artikel ini perlu diteliti lebih lanjut terutama dengan penelitian yang berskala lebih besar. Besar harapan di masa depan kembar siam torakoomfalopagus memiliki kesempatan hidup yang lebih baik lagi.

Penulis: Heroe Soebroto, dr.Sp.B-BTKV(K)

Jurnal Ilmiah Lengkap Kami: https://www.teikyomedicaljournal.com/article/thoracomphalopagus-conjoined-twin-a-case-series

Heroe Soebroto, Arief Rakhman Hakim, Zanella Yolanda Lie, Achmad Aulia Rachman, Thoracomphalopagus conjoined twin: a case series. ISSN: 03875547. Volume 44, Issue 02, February, 2021.

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp