Pameran Seni Virtual Wadahi Minat Anak Berkebutuhan Khusus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Lina Puryanti Ph.D. Wakil Dekan III FIB UNAIR

UNAIR NEWS – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB UNAIR) bersama World University Association for Community Development (WUACD) UNAIR meluncurkan pameran seni virtual yang dikhususkan bagi anak-anak berkebutuhan khusus pada Sabtu (11/9/2021). Acara yang bertajuk “Virtual Exhibition of Arts to Promote Inclusiveness for Children with Special Needs” ini akan dilaksanakan secara daring mulai 11 September 2021 hingga 30 Oktober 2021.

Lina Puryanti Ph.D. Wakil Dekan III FIB UNAIR mengungkapkan bahwa Virtual Exhibition of Arts menjadi bentuk promosi inklusivitas bagi anak-anak berkebutuhan khusus. “Karya-karya mereka dipamerkan dalam bentuk lukisan, puisi, dan fotografi secara virtual,” ungkap Lina saat peluncuran acara.

Dalam pameran seni itu, FIB dan WUACD UNAIR bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang berfokus pada pengembangan anak berkebutuhan khusus. Beberapa di antaranya adalah Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Jawa Timur, Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya, Bangun Bangsa Special School Surabaya, dan SMALB Karya Mulia Surabaya.

“Karya-karya ini menjadi semacam bukti bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kapabilitas yang sama untuk melakukan berbagai macam hal seperti manusia pada umumnya,” tegas Lina. Dalam pameran ini, lanjut Lina, akan terdapat sekitar 20 peserta yang karyanya dipamerkan selama gelaran berlangsung.

Untuk mengunjungi pameran, para pengunjung dapat mengakses melalui pranala bit.ly/VirtualExhibitionFIB2021. Setelah menuju pranala tersebut, pengunjung dapat menunggu untuk proses pengunduhan konten hingga 100 persen.

Setelah pengunduhan konten selesai, para pengunjung dapat mulai menjelajahi karya-karya yang dipamerkan. Pengunjung dapat memulai penelusuran karya secara otomatis dengan mengklik ikon ‘play’ sehingga saat tur berlangsung pengunjung tidak perlu mengklik apapun.

Jika pengunjung ingin menikmati suatu karya dengan lebih lama, mereka dapat mengklik ikon ‘pause’. Setelah dirasa cukup dan ingin melanjutkan tur kembali, pengunjung dapat mengklik ikon ‘play’ lagi.

Pada pameran seni virtual ini, para pengunjung juga dapat memberikan apresiasi secara tertulis dengan menggunakan fitur komentar pada bagian bawah platform pameran.  Jika ingin menuliskan komentar, pengunjung dapat terlebih dahulu membuat akun di https://www.artsteps.com/.

Penulis: Agnes Ikandani

Editor: Binti Quryatul

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp