DPKKA Gelar Webinar Keempat Career Booster Series Bahas Personal Branding dan Networking

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mochamad Fachrezy Zulfikar ketika memaparkan materi dalam webinar keempat career booster series. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) bekerja sama dengan Magnet Solusi Integra (MSI) Alpha kembali mengadakan webinar dalam rangkaian acara Career Booster Series. Diselenggarakan pada Sabtu (11/9/21), kegiatan webinar tersebut mengambil tema Personal Branding and Networking

Kegiatan webinar dibuka dengan sambutan dari Ir. Tiat S. Suwardi, M.Si selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan I Novianingtyastuti selaku Direktur MSI Alpha. Webinar yang diikuti oleh kurang lebih 280 partisipan tersebut menghadirkan founder Level Up Community yakni Mochamad Fachrezy Zulfikar sebagai narasumber utama.

Dalam paparannya, Fachrezy mengatakan bahwa personal branding dapat didefinisikan sebagai citra yang dipresentasikan melalui sosial media maupun secara langsung di depan masyarakat umum. Menurutnya, setiap orang perlu membangun personal branding masing-masing karena saat ini ketika seseorang hendak melamar pekerjaan atau bergabung ke sebuah komunitas maka hal yang juga penting diperhatikan adalah personal branding.

“Jadi personal branding tidak hanya dibutuhkan oleh orang tertentu seperti pemilik bisnis atau influencer tetapi setiap orang juga perlu memiliki personal branding masing-masing,” ucapnya.

Lebih lanjut, Fachrezy mengungkapkan bahwa melalui personal branding seseorang akan mendapat tiga manfaat yaitu berupa kepercayaan, kredibilitas dan koneksi. Apabila seseorang memiliki personal branding, sambung Fachrezy, maka orang lain juga dapat menilai bagaimana reputasinya.

Personal branding akan sangat membantu seseorang untuk mendapatkan koneksi sesuai bidang keahlian yang dia miliki,” tambahnya.

Beberapa tips membangun personal branding melalui sosial media menurut Fachrezy antara lain harus menggunakan nama asli, selalu update kegiatan di sosial media, mengikuti dan mengunggah sesuatu sesuai dengan passion, bergabung pada sebuah grup yang sesuai passion dan meminta testimoni pada orang terdekat.

Sedangkan tips membangun personal branding melalui aktivitas organisasi atau komunitas yakni dengan mengambil semua pengalaman yang ditawarkan, menambah networking, menentukan posisi dalam organisasi, mengatur waktu dengan kegiatan lain, mengatur rasa empati dan emosi serta mengambil kesempatan untuk menjadi pemimpin.

Pada akhir acara, Fachrezy berpesan kepada seluruh partisipan untuk mulai menata postingan di semua sosial media, baik di instagram, twitter dan lain-lain agar personal branding yang ingin ditampilkan kepada orang lain menjadi lebih baik. “Perlu diingat bahwa personal branding yang kita buat di sosial media harus sesuai dengan diri kita di dunia nyata,” tutupnya. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp