HIMA D3 Perpustakaan Bekali Mahasiswa Ilmu Dasar Editing

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Desain sebagai salah satu ruas bidang yang dibentuk teknologi kini semakin merambah penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh bidang seperti politik, pendidikan, hingga ekonomi khususnya pemasaran memerlukan desain sebagai media yang cukup krusial dalam keberlangsungannya. Desain secara tidak langsung membuka kesempatan pada lowongan pekerjaan. Kemampuan desain juga menjadi soft skill wajib yang perlu dikuasai oleh masyarakat khususnya mahasiswa.

Oleh karena urgensi tersebut, Divisi Informasi dan Komunikasi Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Perpustakaan Universitas Airlangga menyelenggarakan sebuah webinar editing yang bertajuk ‘Mengenal Adobe Photoshop: Fitur, Keunggulan dan Kegunaan dalam Dunia Kerja” secara daring melalui Zoom meeting pada Sabtu (04/09/2021). Narasumber yang dihadirkan yaitu Agung Riyadi Purwanata, A. Md. yang merupakan seorang Art Director dari Nanas Media.

Pada kegiatan itu, Agung menjelaskan mengenai fungsi dan kegunaan tools-tools yang ada di Photoshop serta bagaimana cara menggunakannya secara efektif dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tools tersebut dipraktikkan dan dipaparkannya mengenai kelebihan dan kekurangannya serta bagaimana penerapannya dalam dunia kerja.

Agung juga menyampaikan perbedaan-perbedaan jenis aplikasi Adobe Photoshop seperti keyword shortcut yang digunakan pada Adobe Photoshop CC belum tentu dapat diaplikasikan dalam Adobe Photoshop CS, begitupun sebaliknya. Penjelasan tersebut diberikan secara lengkap dan terperinci sehingga para pengguna Photoshop pemula dapat memahaminya dengan baik.

“Adobe Photoshop telah saya gunakan dalam dunia kerja sejak 2015 ketika saya menjadi layouter di Radar Surabaya hingga saya menjadi Art Director di Nanas Media pada tahun 2018 hingga sekarang,” ujar Agung memaparkan pentingnya Adobe Photoshop dalam perjalanan karirnya.

Usai acara diselenggarakan, panitia memberikan sejumlah penugasan kepada peseta untuk membuat poster dengan tema “Ajakan Bervaksinasi Covid-19 Kepada Masyarakat”. Hasil poster dikumpulkan dan tiga peserta dengan penilaian terbaik akan mendapatkan sertifikat serta reward dari panitia. Diharapkan melalui acara ini peserta mendapatkan ilmu editing yang bermanfaat, entah untuk dunia kerja ataupun kegiatan sehari-hari. (*)

Penulis: Natasya Mayzura Hanim

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp