Seleksi Potensi Unggul Mahasiswa, HMA UNAIR Banyuwangi Gelar Freshman Championship 2021

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
HMA UNAIR Banyuwangi Gelar Freshman Championship 2021. (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas atau mutu dari sumber daya manusia, PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi melalui Himpunan Mahasiswa Akuntansi, Departemen Academic Development menyelenggarakan kompetisi internal yang bernama HMA Freshman Championship 2021. Kompetisi ini merupakan ajang perlombaan dalam bidang ilmu akuntansi dengan sasaran mahasiswa akuntansi angkatan 2020/2021 PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi.

Mohamad Saiful Rezkiawan kepada Tim UNAIR NEWS, selaku ketua pelaksana menjelaskan terkait teknis acara saat lomba berlangsung. Pasalnya, dalam pelaksanaannya terdapat dua babak yang diselenggarakan yaitu babak penyisihan (8/8/2021) dan babak final (15/8/2021).

“Masing-masing babak tersebut juga memiliki teknis yang berbeda dalam penyelenggaraannya,” ujarnya.

Babak penyisihan akan diselenggarakan secara individu yaitu melalui google form yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara dengan durasi waktu yang telah ditentukan. Sedangkan babak final sendiri, imbuhnya, akan diambil sepuluh mahasiswa dengan nilai tertinggi untuk selanjutnya dibagi menjadi lima tim secara acak. 

Lima tim akan diadu melalui teknis babak final dengan sistem cerdas cermat, yang mana dalam hal ini panitia akan membacakan sebuah soal, dan peserta menjawab dengan menulis nama kelompok melalui room chat zoom dengan teknis adu cepat, untuk kemudian melisankan jawaban yang akan mereka sampaikan.

“Hanya akan diumumkan tiga tim dengan nilai tertinggi yang akan maju menjadi juara 1, juara 2, dan juara 3,” jelas mahasiswa yang biasa disapa Ipul tersebut.

Dengan mengusung tema “Be Brave to be Bright Accountant”, kompetisi dalam ruang lingkup internal prodi akuntansi PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi ini dilaksanakan dengan menguji kemampuan mahasiswa dalam bidang ilmu akuntansi baik dari kemampuan secara teori maupun praktis. Sehingga selain dapat menumbuhkan jiwa kompetitif mahasiswa, kegiatan ini juga dapat menyeleksi mahasiswa dengan potensi yang unggul guna lebih lanjut dapat menjadi delegasi dari prodi untuk mengikuti kegiatan kompetisi di luar kampus.

“Tujuan jangka panjang agar dapat menciptakan generasi akuntan yang berkualitas dan berdaya saing unggul di masa yang akan datang,” tambahnya kemudian.

Setelah menggelar babak final, keluar sebagai pemenang yaitu Juara 1 oleh tim congklak (Labora Dwi Putri Sinaga & Hasan Nasrulloh), juara 2 oleh tim engklek (Dila Puji Astutik & Lutfi Nikmatul Khoirun Nikmah), dan juara 3 oleh tim neker (Arinta Surya Dewi & Fadilah Syahrani). Menurut penjelasan dari Ipul, para pemenang terlihat sangat senang atas hasil yang mereka dapatkan, melihat kerja keras dan antusiasme mereka yang sangat terlihat dari awal seleksi hingga mampu maju sebagai pemenang.

Labora Dwi Putri Sinaga selaku perwakilan dari tim engklek, mengungkapkan rasa bangga atas usaha yang telah dilakukannya. Dia berkata bahwa dengan usaha dan doa apapun yang kita harapkan bisa menjadi nyata.

“Yang mengetahui hidup kita adalah diri kita sendiri, jangan mendengarkan kata orang yang akan membuat motivasi diri kita turun, karena tujuan hidup masing-masing pribadi berbeda-beda,” tegasnya.

Penulis : Azka Fauziya

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp