Mikrosfer sebagai Sistem Penghantaran Obat di Paru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi by Farmasetika

Mikrosfer adalah salah satu sistem penghantaran yang digunakan untuk melindungi obat atau protein, untuk tujuan paru partikel dapat menuju target langsung ke paru-paru dengan pertimbangan sifat mukoadhesifnya. Beberapa metode polimer untuk membentuk mikrosfer tergantung pada karakteristik fisikokimia polimer. Review ini membahas metode untuk menghasilkan mikrosfer dari konvensional hingga advanced dari segi teknik dan berbagai polimer yang dapat dirancang untuk membentuk mikrosfer, dan sifat aerosolisasi dari partikel yang dapat dihirup dan sampai ke paru. Dengan tinjauan komprehensif ini, harapannya dapat meningkatkan pengetahuan terutama di bidang kefarmasian, meningkatkan manfaat penggunaan mikrosfer secara luas, dan menghasilkan teknik baru untuk menyiapkan mikrosfer inhalasi untuk penyakit paru.

Tinjauan review ini meliputi pemahaman terkait mikrosfer sebagai pembawa, polimer mikrosfer untuk penghantaran obat paru, teknik produksi mikrosfer inhalasi, serta sifat aerosolisasi partikel inhalasi untuk tujuan terapi di paru.

Kesimpulan dari review ini memberikan tinjauan komprehensif dan strategi untuk mencapai penghantaran obat yang lebih tepat sasaran terutama di paru. Manfaat menggunakan sistem ini untuk rute paru baik untuk efek lokal dan sistemik menarik banyak perhatian para peneliti. Pemilihan jenis mikrosfer, jenis polimer dan konsentrasi yang digunakan dan penyambung silang membantu menentukan sifat aerosolisasi dan pengendapan partikel di paru-paru. Stabilisator biasanya digunakan untuk meningkatkan kinerja aerosolisasi formulasi DPI. Metode yang dipilih tergantung pada sifat fisikokimia polimer, dan mukoadhesif telah menjadi pertimbangan untuk merumuskan penghantaran obat untuk paru. Mikrosfer dari aspek sifat, distribusi partikel, dan kondisi fisiologis perlu dipertimbangkan dengan baik untuk mencapai penghantaran obat paru yang efektif.

Penulis : Dewi Melani Hariyadi

Informasi detail riset kami dapat diakses pada: http://www.jcps.ac.cn/EN/10.5246/jcps.2021.07.043

Dewi Melani Hariyadi, Esti Hendradi, Herlina Eka Pratama, Mahardian Rahmadi, 2021. Microspheres as pulmonary delivery systems – A review Journal of Chinese Pharmaceutical Sciences, 2021, Volume 30, No.7, Page 545-555. http://www.jcps.ac.cn/EN/10.5246/jcps.2021.07.043 ISSN 10031057  http://dx.doi.org/10.5246/jcps.2021.07.043

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp