Apoteker dan Pelayanan Informasi Obat pada Ibu Hamil dan Menyusui

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto by Lifepal

Peran Apoteker di komunitas sangatlah penting, salah satunya adalah mempromosikan perilaku sehat melalui fungsi promosi dan edukasi, diantaranya dengan memberikan pelayanan informasi obat. Pelayanan informasi obat memiliki peranan penting dalam rangka memperbaiki kualitas hidup pasien dan menyediakan pelayanan bermutu bagi pasien.

Pemberian informasi obat dapat meningkatkan pengetahuan pasien dan menghindari kemungkinan terjadinya masalah terkait penggunaan obat. Salah satunya pada pasien dengan penyakit kronis dan pasien dengan kondisi khusus, seperti ibu hamil dan ibu menyusui. Dalam memberikan pelayanan informasi obat kepada pasien, apoteker harus memiliki pengetahuan yang cukup dan keyakinan tentang pentingnya pelayanan informasi obat kepada ibu hamil dan ibu menyusui dengan penyakit kronis.

Pada tahun 2019, telah dilakukan penelitian pada 267 apoteker yang berpraktek di apotek di Surabaya untuk melihat faktor apa yang memengaruhi apoteker dalam menjalankan praktik pemberian informasi obat secara aktif pada pasien hamil dan menyusui dengan penyakit kronis dengan menggunakan pendekatan teori Health Belief Model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dari apoteker memberikan pengaruh yang signifikan terhadap manfaat dan hambatan yang dirasakan oleh apoteker dalam memberikan pelayanan informasi obat kepada ibu hamil dan menyusui. Sedangkan faktor keyakinan dan dorongan dari luar tentang pentingnya memberikan informasi obat kepada ibu hamil dan menyusui adalah dua faktor yang paling berpengaruh terhadap praktek pemberian informasi obat secara aktif yang dilakukan oleh apoteker.  Hasil penelitian ini juga telah diterbitkan pada Journal of Basic Clinical Physiology and Pharmacology pada 19 Desember 2019.

Keutamaan penelitian ini dapat menunjukkan pentingnya komitmen apoteker dalam praktik pemberian informasi obat secara aktif sebagai tanggung jawab profesi dalam mengutamakan kualitas hidup pasien. Pemberian pelayanan informasi obat secara aktif merupakan bentuk komitmen dari apoteker untuk mencegah terjadinya masalah terkait penggunaan obat.

Penulis: Septi Anggraini, Wahyu Utami, Elida Zairina

Link jurnal: Factors affecting community pharmacist’s service for women with chronic diseases during pregnancy and breastfeeding: application of the Health Belief Model J Basic Clin Physiol Pharmacol. 2019 Dec 19;30(6) :/j/jbcpp.2019.30.issue-6/jbcpp-2019-0347/jbcpp-2019-0347.xml. doi: 10.1515/jbcpp-2019-0347.

https://www.degruyter.com/document/doi/10.1515/jbcpp-2019-0347/html

Berita Terkait

newsunair

newsunair

https://t.me/pump_upp